Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

An-Nisa ayat ke 46

ayat sebelumnya ===>>

مِّنَ الَّذِينَ هَادُوا۟ يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَن مَّوَاضِعِهِۦ وَيَقُولُونَ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا وَاسْمَعْ غَيْرَ مُسْمَعٍ وَرَٰعِنَا لَيًّۢا بِأَلْسِنَتِهِمْ وَطَعْنًا فِى الدِّينِ وَلَوْ أَنَّهُمْ قَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا وَاسْمَعْ وَانظُرْنَا لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَأَقْوَمَ وَلَٰكِن لَّعَنَهُمُ الـلَّـهُ بِكُفْرِهِمْ فَلَا يُؤْمِنُونَ إِلَّا قَلِيلًا

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata وَأَقْوَمَ pada surat 4.An-Nisa ayat ke 46
Juz ke : 5 Halaman : 86 Baris ke : 5 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin waaqwama
Arti kata waaqwama ( وأقوم )dan lebih menguatkan
Jenis kata وَأَقْوَمَkata sifat/kondisi untuk pembanding

Pemakaian jenis kata ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata وَأَقْوَمَ1 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata وَأَقْوَمَ tersusun dari suku kata ق-و-م

kata dasar ق-و-م ini huruf hijaizah yang kedua yaitu و yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

Penggunaan kata dasar ق-و-م ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
ق-و-م pada AlQuran
660 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 96 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 564 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ق-و-م pada AlQuran155 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ق-و-م Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata suku, rakyat, bangsa, suku bangsa, ummat, anak negeri, sanak saudara, orang-orang, negara, rakyat, gerombolan, sekawan, kumpulan, orang banyak, kelomlok, segerombolan manusia, aset, modal, milik, sifat bernilai, kemahiran, kegunaan
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata memperbaiki, membenarkan, memeriksa, mengkoreksi, membetulkan, menukar, meralat, membetuli, mempertepat, meluruskan, tegak, membereskan, mengatur, berdiri, melempangkan, memperlurus, memperluruskan, melencangkan, menyesuaikan, menyetel, melaraskan, menepatkan, menerapkan, menyelesaikan, mengurus, membenar, menerap, menterap, menyesuaikan, memperkaliber, mengkaliberkan, memperkirakan, menaksir, mengira, mengira-ngira, duga, menawari, menilai, menghitung, memarahi, mencela, memberi harga pada, menggelar, menggelari, membea daerah, berhak, dinilai, dianggap, mencelakan, memperhitungkan, mengandalkan, menganggap, mengingat, berpendapat, berurusan, membuat perhitungan, bergantung, berniat, bermaksud, menggabungkan, berhadapan dengan, menerka, kira, meraba, menduga, mereka-reka.
Kajian kata وَأَقْوَمَ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda : kata وَأَقْوَمَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2 jamak tidak teratur : kata وَأَقْوَمَ ini merupakan bentuk jamak tidak teratur, artinya jamak yang tidak ditandai dengan tanda-tanda jamak seperti ûna ( ونَ ), îna ( ينَ ), âti ( اتِ ) ,âtu ( اتُ ). dalam pemakaian jamak tidak teratur seperti ini mengunakan bentuk perempuan baik untuk kata kerjanya atau kata sifatnya.

3 imbuan : imbuan wa ( وَ ) yang ada pada kata ini dapat berarti dan, beserta, atau dapat pula berarti demi. jika kata wa ( وَ ) ini diapit oleh dua buah kata benda, atau dua buah kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti dan. adapun jika tidak diapit oleh dua buah kata benda,kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti demi.

4 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata وَأَقْوَمَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

5 kata perbandingan paling : kata وَأَقْوَمَ ini digunakan untuk menyatakan arti perbandingan dengan yang lainnya. adapun makna perbandingannya adalah memiliki makna paling atau ter.

Disclaimer / penafian