Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-Baqarah ayat ke 249

ayat sebelumnya ===>>

فَلَمَّا فَصَلَ طَالُوتُ بِالْجُنُودِ قَالَ إِنَّ الـلَّـهَ مُبْتَلِيكُم بِنَهَرٍ فَمَن شَرِبَ مِنْهُ فَلَيْسَ مِنِّى وَمَن لَّمْ يَطْعَمْهُ فَإِنَّهُۥ مِنِّىٓ إِلَّا مَنِ اغْتَرَفَ غُرْفَةًۢ بِيَدِهِۦ فَشَرِبُوا۟ مِنْهُ إِلَّا قَلِيلًا مِّنْهُمْ فَلَمَّا جَاوَزَهُۥ هُوَ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ قَالُوا۟ لَا طَاقَةَ لَنَا الْيَوْمَ بِجَالُوتَ وَجُنُودِهِۦ قَالَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَٰقُوا۟ الـلَّـهِ كَم مِّن فِئَةٍ قَلِيلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيرَةًۢ بِإِذْنِ الـلَّـهِ وَالـلَّـهُ مَعَ الصَّٰبِرِينَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata بِالْجُنُودِ pada surat 2.Al-Baqarah ayat ke 249
Juz ke : 2 Halaman : 41 Baris ke : 1 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin bi(a)ljunûdi
Arti kata bi(a)ljunûdi ( بالجنود ) tentaranya
Jumlah pemakaian kata بِٱلْجُنُودِ1 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata بِالْجُنُودِ tersusun dari suku kata ج-ن-د

Penggunaan kata dasar ج-ن-د ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata dasar atau akar kata
ج-ن-د pada AlQuran
29 kali. Rinciannya ada disini
Jumlah variasi pemakaian kata dasar ج-ن-د pada AlQuran19 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ج-ن-د

Catatatan :
Ini bukan kamus, tetapi merupakan keterkaitan kata yang bisa jadi padananya atau keterangannya atau lawan katanya
Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan makna perkemahan, kemah, kam, dinas militer, keserdaduan, kaum serdadu, konsep, draf, aliran udara, wesel, wajib militer, bagan, konsepsi, daya muat, sarat muat, naskah isi, teguk, surat wesel, anggitan, angin jujut, skema, rang, skets, rekrut, anggota baru, calon, caper, orang yg belum berpengalaman

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan makna kata
melantik, memasukkan, berkemah, berkedudukan tdk tetap, membuat bagan, memanggil wajib militer, memilisikan, mengisi dokumen, menganggit, mengerahkan, mencukupi, mencukupkan, memperkuat, memulihkan, mendapatkan, memperoleh, mendapat, mendapati, masuk tentara, tekan serdadu, menyita
Kajian kata بِالْجُنُودِ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda : kata بِٱلْجُنُودِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2 jamak tidak teratur : kata بِٱلْجُنُودِ ini merupakan bentuk jamak tidak teratur, artinya jamak yang tidak ditandai tanda-tanda jamak seperti ûna ( ونَ ), îna ( ينَ ), âti ( اتِ ) ,âtu ( اتُ ). dalam pemakaian jamak tidak teratur seperti ini mengunakan bentuk perempuan baik untuk kata kerjanya atau kata sifatnya.

3 imbuan : kata بِٱلْجُنُودِ ini memiliki imbuan bi ( بِ ). imbuan bi ( بِ ) ini dapat berarti , untuk, agar, kepada, merupakan. imbuan bi ( بِ ) ini jika diikuti kata yang memiliki kata dasar yang bisa ditasrifkan maka akan mengakibatkan konsonan_k3 berupa kasrah (i) jika bi ( بِ ) ini tidak akan memiliki pengaruh jika diikuti oleh kata tergolong dalam kata harf. imbuan bi ( بِ ) ini hanya dipakai untuk kata benda dan harf saja.

4 memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda بِٱلْجُنُودِ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran tanwin.

5 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata بِٱلْجُنُودِ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

Disclaimer / penafian