Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-AXraaf ayat ke 54

ayat sebelumnya ===>>

إِنَّ رَبَّكُمُ الـلَّـهُ الَّذِى خَلَقَ السَّمَٰوَٰتِ وَالْأَرْضَ فِى سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُۥ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَٰتٍۭ بِأَمْرِهِۦٓ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الـلَّـهُ رَبُّ الْعَٰلَمِينَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata وَالْأَمْرُ pada surat 7.Al-AXraaf ayat ke 54
Juz ke : 8 Halaman : 157 Baris ke : 9 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin wa(a)l-amru
Arti kata wa(a)l-amru ( والأمر ) perintah/pengurusan
Jenis kata وَالْأَمْرُkata benda abstrak atau sifat

Pemakaian jenis kata ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata وَٱلْأَمْرُ3 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata وَالْأَمْرُ tersusun dari suku kata ا-م-ر

kata dasar ا-م-ر ini huruf hijaizah yang pertama yaitu ا yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

Penggunaan kata dasar ا-م-ر ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata dasar atau akar kata
ا-م-ر pada AlQuran
246 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 74 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 172 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ا-م-ر pada AlQuran82 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ا-م-ر

Catatatan :
Ini bukan kamus, tetapi merupakan keterkaitan kata yang bisa jadi padananya atau keterangannya atau lawan katanya
Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata petugas, perwira, opsir, pak, penjabat, pegawai negeri, benda, masalah, soal, makhluk, orang, peristiwa, keadaan, mahluk, cerita, petunjuk, pengajaran, perintah, pelajaran, pesan, pengajian, aturan, perguruan, tindak, pakaian, makanan, wujud, kata, perkataan, janji, kabar, biaya, tuduhan, dakwaan, kelah, isi, ongkos, beban, tuntutan, langsung, sebenarnya, tugas, urusan, harga, serangan, serbuan, sehat, kuat, masuk akal, logis, nyenyak, segar, segar bugar, bijaksana, yg dpt dipercaya, yg dpt diandalkan, cas, penguasaan, tanggung jawab, komando, pimpinan, dakwa, hutang, sabda, resep, resep obat, rekomendasi, resolusi, keputusan, titah, nasihat, cakap, kata sandi, pepatah, tutur, kecap, penuturan, sembah, minuman, dekrit, suara, bunyi, kesan, selat, persoalan, kekuasaan, aba-aba, hal, bahan, perkara, arah, tujuan, haluan, hala, isyarat, pemberitahuan, maklumat, berita, pernyataan, bimbingan, jurusan, tuju, abah, pengendalian, sudut, paran, kiblah, pengemudian, bimbitan, peraturan, ordonansi, zat, unsur, barang, ihwal, kebendaan, bicara, nanah, bab, sari, barang-barang, surat keputusan, firman, surat ketetapan, pesanan, persetujuan, orde, susunan, tertib, ketertiban, tata, tata tertib, ketenteraman, suruhan, golongan, jenis, kerapian, medali, pangkat, rodi, antaran, bestel, tanda jasa, peraturan rapat, acara, urut-urutan.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata
memesan, menetapkan, memperingatkan, mengingatkan, mengumumkan, menyiapkan, mempersiapkan, mengarahkan, menjuruskan, memimpin, menyutradarai, mengarah, mengatur, memerintah, menujukan, menunjukkan, menepatkan, menauntukan, mempertauntukan, berbunyi, membunyikan, mengucapkan, mengenai, menduga, memeriksa, mengunting, menyelam dalam-dalam, mengisi, menyerang, memutuskan, memerintahkan, mentakdirkan, menobatkan, mentahbiskan jadi pendeta, menentukan, memberi resep, menyuruh, mengharuskan untuk memakai, menulis resep obat, membebankan, menugaskan, menuduh, mendakwa, mendikte, mendiktekan, mengimlakan, minta, mendakwakan, meliputi, membayar nanti, mengebon, menyeterum, mengadukan, memperdakwakan, memberikan petunjuk-petunjuk, menyusun kata, menginstruksikan, berpesan, mengamanatkan, mengajar, mengajari, melatih, melarang, berarti, bersabda, menitahkan, menguasai, menuntut, memiliki, mempunyai, mewajibkan, memberi hak, membangkitkan, menyusun, suruh, pesankan.
Kajian kata وَالْأَمْرُ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda : kata وَٱلْأَمْرُ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2 subyek : kata وَٱلْأَمْرُ ini berposisi sebagai subyek, ditandai dengan akhiran dhomah untuk kata tunggal una untuk jamak

3 imbuan : imbuan wa ( وَ ) yang ada pada kata ini dapat berarti , beserta, atau dapat pula berarti demi. jika kata wa ( وَ ) ini diapit oleh dua buah kata benda, atau dua buah kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti . adapun jika tidak diapit oleh dua buah kata benda,kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti demi.

4 memiliki kata sandang al : kata sang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda وَٱلْأَمْرُ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sang the. setiap kata yang menggunakan kata sang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

5 kata benda abstrak atau penamaan : kata وَٱلْأَمْرُ ini masuk dalam kelompok kata yang sering digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya benya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan Allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra. Kata وَٱلْأَمْرُ ini sering digunakan untuk menerangkan penamaan suatu obyek, kondisi, keadaan atau situasi.

6 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata وَٱلْأَمْرُ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah u (dhammah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran u (dhammah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran dhammah.

7 Subyek di depan : Kata وَالْأَمْرُ ini merupakan subyek yang posisinya mendahului kata kerjanya, yaitu تَبَارَكَ. Sehingga gabungan dari kataوَالْأَمْرُ تَبَارَكَ bermakna dan perintah/pengurusan memberikan berkah yang silih berganti

8 Subyek mendahului kata kerja : Kata وَالْأَمْرُ ini merupakan subyek yang posisinya mendahului kata kerja, yaitu تَبَارَكَ. Sehingga gabungan dari kataوَالْأَمْرُ تَبَارَكَ bermakna dan perintah/pengurusan memberikan berkah yang silih berganti

Disclaimer / penafian