Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-MaXarij ayat ke 16

ayat sebelumnya ===>>

نَزَّاعَةً لِّلشَّوَىٰ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata لِّلشَّوَىٰ pada surat 70.Al-MaXarij ayat ke 16
Juz ke : 29 Halaman : 569 Baris ke : 3 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin li(l)sysyawâ
Arti kata li(l)sysyawâ ( للشوى )bagi kulit kepala
Jumlah pemakaian kata لِّلشَّوَىٰ1 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata لِّلشَّوَىٰ tersusun dari suku kata ش-و-ي

kata dasar ش-و-ي ini huruf hijaizah yang kedua yaitu و yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

kata dasar ش-و-ي ini huruf hijaizah yang ketiga yaitu ي yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

Penggunaan kata dasar ش-و-ي ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
ش-و-ي pada AlQuran
2 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 1 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 1 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ش-و-ي pada AlQuran2 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ش-و-ي Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata panggangan, alat pemanggang, daging panggang, tempat pembakar, barbekyu, anglo yg berapi kecil, tamasya dgn makan-makan sate, daging yg dimasak pelan-pelan, panas, pertengkaran, percekcokan, letupan, letusan, ayah, pak
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata memanggang, membakar, menanyai dgn keras, memperapikan, memeriksa dgn terus-menerus, memanggang daging, terpanggang, menggoreng tanpa minyak, merendang, memarahi, memasak pelan-pelan, menderita dgn hebat, bermunculan, meletus, meletuskan, singgah, mendedas, menjengukkan, menyerudukan, keluar masuk dgn cepat, muncul dgn tiba-tiba
Kajian kata لِّلشَّوَىٰ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 imbuan : kata لِّلشَّوَىٰ ini memiliki imbuan li ( لِ ). imbuan li ( لِ ) ini berarti untuk, bagi, kepada. imbuan ini selain dapat digunakan untuk kata kerja juga dapat digunakan untuk diterapkan pada kata benda. imbuan li ( لِ ) ini untuk kata Benda tunggal akan menyebabkan konsonan k3 berakhiran kasrah, sedangkan untuk kata benda jamak akan berakhiran yna ( ينَ ), Adapiun untuk kata kerja dengan subyek tunggal akan berakhiran fatchah atau untuk kata kerja dengan subyek jamak akhiran nun ( نَ )nya dihilangkan.

Disclaimer / penafian