<<<==ayat berikutnya

Al-Hujuraat ayat ke 12

ayat sebelumnya ===>>

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَٱتَّقُوا۟ الـلَّـهَ إِنَّ الـلَّـهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

يَغْتَب pada surat Al-Hujuraat ayat ke 12

Bacaan dalam tulisan arab latin yaghtab
Jenis kata kata kerja aktif bentuk sedang atau akan terjadi
Arti kata يَغْتَب (dia[lk]) mengumpat
Jumlah pemakaian kata يَغْتَب dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata يَغْتَب tersusun dari kata dasar dengan suku kata غ ا ب
huruf pertama k1=غ , huruf kedua k2=ا, dan huruf ketiga k3=ب
Makna dari kata dasar غ ا ب :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna tinggal jauh, lenyap, hilang, amblas, yg tdk dpt dijelaskan secara ilmiah, tersembunyi, rahasia, tasawuf, kebatinan, suluk, ilmu kebatinan, ilmu klenik, filsafat, mistik, rahasia, terpendam, kabur, gelap, remang, lindap, tdk jelas, rahasia, sembunyi, terpencil, sulit, yg disembunyikan, bersuami, samar, samar-samar, tdk terang-terangan, belum kelihatan, sandi, tdk terang, mungkin, yg bersembunyi, dekat, erat, akrab, ketat, tertutup, pensiunan, tersendiri, purnakaryawan, pemalu, rendah hati, tersipu, kesipuan, malu sipu.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna tdk menghadiri, tdk mencampuri, menghilang, mengirap, menguap, menguapkan, mengeringkan dgn pemanasan, larut, membubarkan, menghancurkan, memutuskan, keluar, padam, berangkat, mati, bergaul, melarikan diri, lari, mengungsi, minggat, berlalu cepat, meledak, berbunyi, hilang, tenggelam, melenyap, terbenam, mengusir, menghamburkan, merisau, membuang uang, menyia-nyiakan, mencair, meleleh, mencairkan, melebur, leleh, reda, menyelam, terjun, selam, menukik, mencebur, menghilang, habis sama sekali.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar غ ا ب dalam AlQuran 60 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 59 kali, dipakai kata kerja sebanyak 1 kali

Kajian kata يَغْتَب ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata kerja : kata يَغْتَب merupakan bentuk kata kerja.

dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya.

selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya

2. bentuk sedang/akan : kata يَغْتَب merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi.

3. kata kerja aktif : kata يَغْتَب ini tergolong dalam kata kerja aktif,artinya subyeknya melakukan pekerjaan

4. subyek pelaku : kata kerja يَغْتَب ini subyeknya adalah orang ketiga laki-laki tunggal (dia).

5. huruf majzum : kata وَلَا ini merupakan harf yang akan membuat kata berikutnya, dalam hal ini تَجَسَّسُوا , akan kehilangan huruf nun ( نَ ) sehingga konsonan_k3 menyisakan û ( واْ ) saja

6. majzum : kata ini memiliki وَلَا yang berfungsi sebagai komponen yang akan merubah konsonan_k3 dari تَجَسَّسُوا akan menjadi sukun (untuk bentuk subyek tunggal) serta û untuk subyek jamak.

7. kata larangan : dalam kondisi ini kata sebelumnya yaitu وَلَا digunakan untuk melakukan pelarangan, yaitu pelarangan untuk melakukan kata يَغْتَب . ciri kata وَلَا yang digunakan untuk melakukan pelarangan adalah karena konsonan_k3 dari kata يَغْتَب adalah sukun. perlu diketahui bahwa kata وَلَا dapat digunakan untuk mengatakan jangan dan untuk mengatakan tidak. dalam kondisi ini وَلَا digunakan untuk menyatakan pelarangan.

8. kata larangan : dalam kondisi ini kata sebelumnya yaitu وَلَا digunakan untuk melakukan pelarangan, yaitu pelarangan untuk melakukan kata يَغْتَب . ciri kata وَلَا yang digunakan untuk melakukan pelarangan adalah karena konsonan_k3 dari kata يَغْتَب adalah sukun. perlu diketahui bahwa kata وَلَا dapat digunakan untuk mengatakan jangan dan untuk mengatakan tidak. dalam kondisi ini وَلَا digunakan untuk menyatakan pelarangan.

Pemakaian kata dasar غ ا ب pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَلاَ يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا Al-Hujuraat 12

 

فَالصَّالِحَات قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّهُ An-Nisa 34
وَمَا كُنَّا لِلْغَيْبِ حَافِظِينَ Yusuf 81

 

فَلَنَقُصَّنَّ عَلَيْهِم بِعِلْمٍ وَمَا كُنَّا غَآئِبِينَ Al-A'raaf 7

 

وَمَا مِنْ غَائِبَةٍ فِي السَّمَاء وَالْأَرْضِ An-Naml 75

 

وَأَلْقُوهُ فِي غَيَابَةِ الْجُبِّ يَلْتَقِطْهُ بَعْضُ السَّيَّارَةِ Yusuf 10
فَلَمَّا ذَهَبُواْ بِهِ وَأَجْمَعُواْ أَن يَجْعَلُوهُ فِي غَيَابَةِ الْجُبِّ Yusuf 15

 

وَلِلّهِ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَإِلَيْهِ يُرْجَعُ الأَمْرُ كُلُّهُ Huud 123
وَلِلّهِ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ An-Nahl 77
قُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا لَهُ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ Al-Kahfi 26

 

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلاَ يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا Al-Jinn 26

 

إِنَّ اللَّهَ عَالِمُ غَيْبِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ Faathir 38

 

إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ Al-Baqarah 33
إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ Al-Hujuraat 18

 

وَمَا هُمْ عَنْهَا بِغَائِبِينَ Al-Infitaar 16

 

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ Al-Baqarah 3
لِيَعْلَمَ اللّهُ مَن يَخَافُهُ بِالْغَيْبِ Al-Maidah 94
ذَلِكَ لِيَعْلَمَ أَنِّي لَمْ أَخُنْهُ بِالْغَيْبِ Yusuf 52
رَجْمًا بِالْغَيْبِ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ Al-Kahfi 22
جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ Maryam 61
الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِالْغَيْبِ وَهُم مِّنَ السَّاعَةِ مُشْفِقُونَ Al-Anbiyaa' 49
وَيَقْذِفُونَ بِالْغَيْبِ مِن مَّكَانٍ بَعِيدٍ Saba' 53
إِنَّمَا تُنذِرُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِالغَيْبِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ Faathir 18
إِنَّمَا تُنذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَن بِالْغَيْبِ YaaSiin 11
مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَن بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُّنِيبٍ Qaaf 33
وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ Al-Hadiid 25
إِنَّ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِالْغَيْبِ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ Al-Mulk 12

 

أَمْ كَانَ مِنَ الْغَائِبِينَ An-Naml 20

 

قَالُواْ لاَ عِلْمَ لَنَا إِنَّكَ أَنتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ Al-Maidah 109
وَلاَ أَعْلَمُ مَا فِي نَفْسِكَ إِنَّكَ أَنتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ Al-Maidah 116
وَأَنَّ اللّهَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ At-Taubah 78
قُلْ إِنَّ رَبِّي يَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَّامُ الْغُيُوبِ Saba' 48

 

فَقُلْ إِنَّمَا الْغَيْبُ لِلّهِ Yunus 20
أَمْ عِندَهُمُ الْغَيْبُ فَهُمْ يَكْتُبُونَ Ath-Thuur 41
أَمْ عِندَهُمُ الْغَيْبُ فَهُمْ يَكْتُبُونَ Al-Qalam 47

 

ذَلِكَ مِنْ أَنبَاء الْغَيْبِ نُوحِيهِ إِلَيكَ Ali-Imran 44
وَمَا كَانَ اللّهُ لِيُطْلِعَكُمْ عَلَى الْغَيْبِ Ali-Imran 179
وَعِندَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لاَ يَعْلَمُهَا إِلاَّ هُوَ Al-An'aam 59
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ Al-An'aam 73
ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ At-Taubah 94
وَسَتُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ At-Taubah 105
تِلْكَ مِنْ أَنبَاء الْغَيْبِ نُوحِيهَا إِلَيْكَ Huud 49
ذَلِكَ مِنْ أَنبَاء الْغَيْبِ نُوحِيهِ إِلَيْكَ Yusuf 102
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ Arraad 9
عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ Al-Mu'minuun 92
ذَلِكَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ As-Sajdah 6
قُلْ بَلَى وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّك عَالِمِ الْغَيْبِ Saba' 3
قُلِ اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ Az-Zumar 46
أَعِندَهُ عِلْمُ الْغَيْبِ فَهُوَ يَرَى An-Najm 35
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ Al-Hasyr 22
فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ Al-Jumu'ah 8
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ At-Taghaabun 18
عَالِمُ الْغَيْبِ فَلاَ يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا Al-Jinn 26
وَمَا هُوَ عَلَى الْغَيْبِ بِضَنِينٍ At-Takwiir 24

 

وَلاَ أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلاَ أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ Al-An'aam 50
وَلَوْ كُنتُ أَعْلَمُ الْغَيْبَ لاَسْتَكْثَرْت مِنَ الْخَيْرِ Al-A'raaf 188
وَلاَ أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلاَ أَقُولُ إِنِّي مَلَكٌ Huud 31
أَاطَّلَعَ الْغَيْبَ أَمِ اتَّخَذَ عِندَ الرَّحْمَنِ عَهْدًا Maryam 78
قُل لَّا يَعْلَمُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللَّهُ An-Naml 65
فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَن لَّوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ Saba' 14