<<<==ayat berikutnya

Al-Fath ayat ke 22

ayat sebelumnya ===>>


وَلَوْ قَٰتَلَكُمُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ لَوَلَّوُا۟ ٱلْأَدْبَٰرَ ثُمَّ لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

Kajian kata

ٱلْأَدْبَٰرَ pada surat Al-Fath ayat ke 22

Bacaan dalam tulisan arab latin al-adbâra
Arti kata ٱلْأَدْبَٰرَ belakang
Jumlah pemakaian kata ٱلْأَدْبَٰرَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 5 kali
Kata ٱلْأَدْبَٰرَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata د ب ر
huruf pertama k1=د , huruf kedua k2=ب, dan huruf ketiga k3=ر
Makna dari kata dasar د ب ر :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna dibikin-bikin, buatan, masakan, set, kumpulan, perangkat, setel, pasangan, setelan, silam, perlengkapan, tempat, buku, letak rambut, sisiran, orang yg berkepentingan sama, bidang, siap, tetap, yg ditentukan, keras kepala, awam, biasa, senggang, terluang, serap, kurus, sedikit, sederhana, yg berhemat, tingkah laku, kelakuan, tabiat

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna merancang, merencanakan, memikirkan, menemukan, mendapatkan, memikir, membuat, menjalankan, melaksanakan, memasak, terjadi, mengusahakan rencana, mengatur dgn trampil, membangun, mengatur, terbenam, turun, menetapkan, memasang, mengeset, menyetel, menentukan, menyusun, menarik, menyediakan, menaruh, memberi, mengental, mengeras, menyebabkan, mengatupkan, mempertajam, merias, menghasut, memperkatupkan, masuk, mempersediakan, menaruhkan, meletakkan, menempatkan, memberikan, bertelur, melemparkan, menelurkan, menutup, memikulkan, menciptakan, mencipta, mereka-reka, mengarang-ngarang, merenungkan, menimbang-nimbang, mempersiapkan, menyiapkan, mengolah, mengadakan, memimpin, menyalurkan, mengalirkan, membimbing, mengantar, mengiringkan, meluangkan, menyelamatkan, menghemat, menyayangkan, menghindarkan, mengecualikan, berkecukupan tanpa, mengelola, mengurus, mengambil, menyelenggarakan, melakukan, memerintah, memegang

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar د ب ر dalam AlQuran 44 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 32 kali, dipakai kata kerja sebanyak 12 kali

Kajian kata ٱلْأَدْبَٰرَ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْأَدْبَٰرَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْأَدْبَٰرَ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. keterangan tempat : kata ٱلْأَدْبَٰرَ ini tergolong kata yang menerangkan posisi atau tempat. untuk jenis kata yang menerangkan posisi atau tempat ini tidak memiliki aturan khusus (tasrifan). selain itu tempat yang diterangkan dapat berupa tempat yang nampak atau tempat abstrak dalam bahasa arab kata tempat ini tergolong sebagai kata benda.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْأَدْبَٰرَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

5. kata benda atau menerangkan kata sifat : kata ٱلْأَدْبَٰرَ ini memiliki konsonan k2 panjang yang dapat digunakan sebagai kata benda atau digunakan sebagai kata sifat.

6. predikat dari objek : kata لَوَلَّوُا merupakan kata kerja yang digunakan sebagai predikat dari objek الْأَدْبَارَ

7. objek : kata الْأَدْبَارَ ini merupakan objek dari predikat yang berupa kata لَوَلَّوُا

Pemakaian kata dasar د ب ر pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

يُدَبِّرُ الأَمْرَ مَا مِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ Yunus 3
وَيُخْرِجُ الْمَيَّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَن يُدَبِّرُ الأَمْرَ Yunus 31
يُدَبِّرُ الأَمْرَ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لَعَلَّكُم بِلِقَاء رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ Arraad 2
يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاء إِلَى الأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ As-Sajdah 5

 

أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ An-Nisa 82
أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا Muhammad 24

 

أَفَلَمْ يَدَّبَّرُوا الْقَوْلَ أَمْ جَاءهُم Al-Mu'minuun 68

 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ Ath-Thuur 49

 

الْمَلآئِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُم وَذُوقُواْ عَذَابَ الْحَرِيقِ Al-Anfaal 50
فَكَيْفَ إِذَا تَوَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ يَضْرِبُونَ وُجُوهَهُمْ وَأَدْبَارَهُم Muhammad 27

 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَارَ السُّجُودِ Qaaf 40

 

ثُمَّ وَلَّيْتُم مُّدْبِرِينَ At-Taubah 25
وَتَاللَّهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَامَكُم بَعْدَ أَن تُوَلُّوا مُدْبِرِينَ Al-Anbiyaa' 57
وَلاَ تُسْمِعُ الصُّمَّ الدُّعَاء إِذَا وَلَّوْا مُدْبِرِينَ An-Naml 80
وَلاَ تُسْمِعُ الصُّمَّ الدُّعَاء إِذَا وَلَّوْا مُدْبِرِينَ Ar-Ruum 52
فَتَوَلَّوْا عَنْهُ مُدْبِرِينَ Ash-Shaafaat 90

 

وَلَّى مُدْبِرًا وَلَمْ يُعَقِّبْ An-Naml 10
وَلَّى مُدْبِرًا وَلَمْ يُعَقِّبْ يَامُوسَى Al-Qashash 31

 

كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُو آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّر أُوْلُوا الْأَلْبَابِ Shaad 29

 

فَالْمُدَبِّرَاتِ أَمْرًا An-Naziaat 5

 

فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ الَّذِينَ ظَلَمُواْ Al-An'aam 45

 

دَابِرَ الَّذِينَ كَذَّبُواْ بِآيَاتِنَا وَمَا كَانُواْ مُؤْمِنِينَ Al-A'raaf 72
وَيَقْطَعَ دَابِرَ الْكَافِرِينَ Al-Anfaal 7
أَنَّ دَابِرَ هَـؤُلاَء مَقْطُوعٌ مُّصْبِحِينَ Al-Hijr 66

 

وَاسُتَبَقَا الْبَابَ وَقَدَّتْ قَمِيصَهُ مِن دُبُرٍ Yusuf 25
وَإِنْ كَانَ قَمِيصُهُ قُدَّ مِن دُبُرٍ Yusuf 27
فَلَمَّا رَأَى قَمِيصَهُ قُدَّ مِن دُبُرٍ Yusuf 28

 

وَمَن يُوَلِّهِمْ يَوْمَئِذٍ دُبُرَهُ Al-Anfaal 16

 

سَيُهْزَمُ الْجَمْعُ وَيُوَلُّونَ الدُّبُرَ Al-Qamar 45

 

وَإِن يُقَاتِلُوكُمْ يُوَلُّوكُمُ الأَدُبَارَ ثُمَّ لاَ يُنصَرُونَ Ali-Imran 111
فَلاَ تُوَلُّوهُمُ الأَدْبَارَ Al-Anfaal 15
لاَ يُوَلُّونَ الْأَدْبَارَ وَكَانَ عَهْدُ اللَّهِ مَسْؤُولًا Al-Ahzab 15
وَلَوْ قَاتَلَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوَلَّوُا الْأَدْبَارَ Al-Fath 22
وَلَئِن نَّصَرُوهُمْ لَيُوَلُّنَّ الْأَدْبَارَ ثُمَّ لاَ يُنصَرُونَ Al-Hasyr 12

 

وَلاَ تَرْتَدُّوا عَلَى أَدْبَارِكُمْ فَتَنقَلِبُوا خَاسِرِينَ Al-Maidah 21

 

أَن نَّطْمِسَ وُجُوهًا فَنَرُدَّهَا عَلَى أَدْبَارِهَا An-Nisa 47

 

وَإِذَا ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي الْقُرْآنِ وَحْدَهُ وَلَّوْاْ عَلَى أَدْبَارِهِمْ نُفُورًا Al-Isra 46
إِنَّ الَّذِينَ ارْتَدُّوا عَلَى أَدْبَارِهِم Muhammad 25

 

وَاتَّبِعْ أَدْبَارَهُمْ وَلاَ يَلْتَفِتْ مِنكُمْ أَحَدٌ Al-Hijr 65

 

تَدْعُو مَنْ أَدْبَرَ وَتَوَلَّى Al-Ma'arij 17
ثُمَّ أَدْبَرَ وَاسْتَكْبَرَ Al-Muddaththir 23
وَاللَّيْلِ إِذْ أَدْبَرَ Al-Muddaththir 33
ثُمَّ أَدْبَرَ يَسْعَى An-Naziaat 22