<<<==ayat berikutnya

Muhammad ayat ke 20

ayat sebelumnya ===>>

وَيَقُولُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَوْلَا نُزِّلَتْ سُورَةٌ فَإِذَآ أُنزِلَتْ سُورَةٌ مُّحْكَمَةٌ وَذُكِرَ فِيهَا ٱلْقِتَالُ رَأَيْتَ ٱلَّذِينَ فِى قُلُوبِهِم مَّرَضٌ يَنظُرُونَ إِلَيْكَ نَظَرَ ٱلْمَغْشِىِّ عَلَيْهِ مِنَ ٱلْمَوْتِ فَأَوْلَىٰ لَهُمْ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

ٱلْمَغْشِىِّ pada surat Muhammad ayat ke 20

Bacaan dalam tulisan arab latin almaghsyiyyi
Jenis kata keterangan waktu / tempat
Arti kata ٱلْمَغْشِىِّ pingsan
Jumlah pemakaian kata ٱلْمَغْشِىِّ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata ٱلْمَغْشِىِّ tersusun dari kata dasar dengan suku kata غ ش ي
huruf pertama k1=غ , huruf kedua k2=ش, dan huruf ketiga k3=ي
Makna dari kata dasar غ ش ي :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kesurupan,keadaan tdk sadar diri, keadaan kemasukan roh, halimun, kabut, kabur, awan, mega, mendung, jumlah besar, keadaan susah, syal dr wol, noda, pedut, keadaan pingsan,hamparan, lapisan penutup, lembaran penutup.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kesurupan, kerasukan, jatuh pingsan, menutupi, menggelapkan, meredupkan, memurungkan, memperkeruh, melapisi, membebani, berkabut.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar غ ش ي dalam AlQuran 29 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 8 kali, dipakai kata kerja sebanyak 21 kali

Kajian kata ٱلْمَغْشِىِّ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْمَغْشِىِّ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْمَغْشِىِّ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. keterangan waktu atau tempat : kata ٱلْمَغْشِىِّ ini memiliki awalan م yang merupakan imbuan yang dapat menerangkan tempat atau waktu.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْمَغْشِىِّ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

5. kata benda untuk menerangkan tempat : kata ٱلْمَغْشِىِّ ini merupakan kata benda yang menerangkan tempat yang ditandai dengan awalan ma dan huruf pertanyanya mati

6. kata benda untuk menerangkan waktu : kata ٱلْمَغْشِىِّ menerangkan kata benda yang menerangkan waktu yang ditandai dengan awalan ma dan huruf pertanyanya mati

7. objek : kata الْمَغْشِيِّ ini merupakan objek dari predikat yang berupa kata نَظَرَ

Pemakaian kata dasar غ ش ي pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا Al-A'raaf 54
يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ Arraad 3

 

يَنظُرُونَ إِلَيْكَ تَدُورُ أَعْيُنُهُمْ كَالَّذِي يُغْشَى عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِ Al-Ahzab 19

 

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ Al-Anfaal 11

 

أَلاَ حِينَ يَسْتَغْشُونَ ثِيَابَهُمْ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ Huud 5

 

وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَاهَا Ash-Shams 4

 

يَوْمَ يَغْشَاهُمُ الْعَذَابُ مِن فَوْقِهِمْ وَمِن تَحْتِ أَرْجُلِهِمْ Al-Ankabuut 55

 

يَغْشَاهُ مَوْجٌ مِّن فَوْقِهِ مَوْجٌ An-Nuur 40

 

يَغْشَى طَآئِفَةً مِّنكُمْ وَطَآئِفَةٌ Ali-Imran 154
يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ Ad-Dukhaan 11
إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى An-Najm 16
إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى An-Najm 16
وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى Al-Lail 1

 

سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٍ وَتَغْشَى وُجُوهَهُمُ النَّارُ Ibrahim 50

 

وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ وَأَصَرُّوا وَاسْتَكْبَرُوا اسْتِكْبَارًا Nuh 7

 

كَأَنَّمَا أُغْشِيَتْ وُجُوهُهُمْ قِطَعًا مِّنَ اللَّيْلِ مُظْلِمًا Yunus 27

 

فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلاً خَفِيفًا Al-A'raaf 189

 

أَفَأَمِنُواْ أَن تَأْتِيَهُمْ غَاشِيَةٌ مِّنْ عَذَابِ اللّهِ Yusuf 107

 

وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ Al-Baqarah 7

 

وَخَتَمَ عَلَى سَمْعِهِ وَقَلْبِهِ وَجَعَلَ عَلَى بَصَرِهِ غِشَاوَةً Al-Jaatsiyah 23

 

لَهُم مِّن جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِن فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ Al-A'raaf 41

 

فَغَشَّاهَا مَا غَشَّى An-Najm 54

 

فَأَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ بِجُنُودِهِ فَغَشِيَهُم مِّنَ الْيَمِّ مَا غَشِيَهُمْ Thaahaa 78
وَإِذَا غَشِيَهُم مَّوْجٌ كَالظُّلَلِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ Luqman 32

 

فَغَشَّاهَا مَا غَشَّى An-Najm 54

 

فَأَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ بِجُنُودِهِ فَغَشِيَهُم مِّنَ الْيَمِّ مَا غَشِيَهُمْ Thaahaa 78

 

وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَاه فَهُمْ لاَ يُبْصِرُونَ YaaSiin 9

 

يَنظُرُونَ إِلَيْكَ نَظَرَ الْمَغْشِيِّ عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِ فَأَوْلَى لَهُمْ Muhammad 20

 

هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ Al-Ghaashiyah 1