Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Ash-Shaafaat ayat ke 113

ayat sebelumnya ===>>

وَبَٰرَكْنَا عَلَيْهِ وَعَلَىٰٓ إِسْحَٰقَ وَمِن ذُرِّيَّتِهِمَا مُحْسِنٌ وَظَالِمٌ لِّنَفْسِهِۦ مُبِينٌ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata عَلَيْهِ pada surat 37.Ash-Shaafaat ayat ke 113
Juz ke : 23 Halaman : 450 Baris ke : 6 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin 'alayhi
Arti kata Xalayhi ( عليه )atasnya
Jenis kata عَلَيْهِkata benda yang menerangkan tempat

Pemakaian jenis kata ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian kata عَلَيْهِ143 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata عَلَيْهِ tersusun dari suku kata ع-ل-ي

kata dasar ع-ل-ي ini huruf hijaizah yang ketiga yaitu ي yang bisa berubah menjadi ا atau ء atau و atau ى atau tidak ada sama sekali. tergantung polakata (wazan) yang digunakannya.

Penggunaan kata dasar ع-ل-ي ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
ع-ل-ي pada AlQuran
1506 kali.

Dipakai untuk kata kerja sebanyak : 13 kali. Rinciannya ada disini

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 1493 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ع-ل-ي pada AlQuran70 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ع-ل-ي Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata ke, dengan, kepada, sampai, pada, terhadap, bagi, hingga, atas, dalam, oleh, sehingga, mendapatkan, kurang, sbg lawan, di, waktu, di dalam, secara, menurut, antara, di antara, mengikut, lagi, di atas, diseberang, jarak lintas, lintang, hadap, daya angkat, pengangkat, angkatan, boncengan, goncengan, yg adalah sebab-musabab, bersifat sebab-musabab, berkenaan dgn suara, tikungan, selekoh, lentur, lengkuk, beliku, lingkar, seluk, kebingungan, kegagalan, desis
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata mengangkat, angkat, mencabut, mencopet, mencuri, mengumpil, mengambil, mendakikan, menyingsing, menjadi terang, mencabuntukan, mengagungkan, memuliakan, memuji, memuji-muji, meninggikan derajat, menekuk, membungkuk, melengkung, membengkokkan, membengkok, tunduk, melenturkan, melengkungkan, melekokkan, meliuk, membungkukkan, bungkuk, melipat, membentur, lunglai, menekukkan, binglai, mencondongkan, mengendapkan, meringkukan, merundukkan, menekur, meliukkan, membungkuk-bungkuk, mendesis
Kajian kata عَلَيْهِ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda : kata عَلَيْهِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2 keterangan tempat : kata عَلَيْهِ ini tergolong kata yang menerangkan posisi atau tempat. untuk jenis kata yang menerangkan posisi atau tempat ini akan menyebabkab huruf berikutnya, dalam hal ini yaitu وَعَلَىٰٓ konsonan_k3 nya berupa kasrah untuk bentuk tunggal atau yna untuk bentuk jamak. selain itu tempat yang diterangkan dapat berupa tempat yang nampak atau tempat abstrak dalam bahasa arab kata tempat ini tergolong sebagai kata benda.

3 diikuti kata ganti kepemilikan : kata عَلَيْهِ ini memiliki kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal. adapun kata gantinya untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ ) , hal ini karena ada kata yang ada didepannya yang menyebabkan kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ )

Disclaimer / penafian