<<<==ayat berikutnya

Al-Ahzab ayat ke 37

ayat sebelumnya ===>>


وَإِذْ تَقُولُ لِلَّذِىٓ أَنْعَمَ الـلَّـهُ عَلَيْهِ وَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِ أَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَٱتَّقِ الـلَّـهَ وَتُخْفِى فِى نَفْسِكَ مَا الـلَّـهُ مُبْدِيهِ وَتَخْشَى ٱلنَّاسَ وَالـلَّـهُ أَحَقُّ أَن تَخْشَىٰهُ فَلَمَّا قَضَىٰ زَيْدٌ مِّنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَٰكَهَا لِكَىْ لَا يَكُونَ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ حَرَجٌ فِىٓ أَزْوَٰجِ أَدْعِيَآئِهِمْ إِذَا قَضَوْا۟ مِنْهُنَّ وَطَرًا وَكَانَ أَمْرُ الـلَّـهِ مَفْعُولًا

Kajian kata

أَمْسِكْ pada surat Al-Ahzab ayat ke 37

Bacaan dalam tulisan arab latin amsik
Jenis kata kata perintah atau kata seru
Arti kata أَمْسِكْ (kamu[lk]) tahanlah
Jumlah pemakaian kata أَمْسِكْ dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata أَمْسِكْ tersusun dari kata dasar dengan suku kata م س ك
huruf pertama k1=م , huruf kedua k2=س, dan huruf ketiga k3=ك
Makna dari kata dasar م س ك :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna hubungan, kaitan, peraba, goresan, gores, tekanan, suasana, gaya, pengetahuan, coretan, ciri khas, cara, ketrampilan, jumlah sedikit, kemahiran, kecekatan, tipuan, jumlah

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menangkap, mengerti, mencekau, naik, ketularan, menyergap, menangkapi, mencedok, menyangkut, menyela, menyentuh, sentuh, bersentuhan, menjamah, menyinggung, meraba, memegang, makan, mengusik, memilukan, mendekati, mengenai, menandingi, mempengaruhi, bersinggung, menggerayangi, menyayat, menggores, mencoret, bersentuh, minum, menangani, memberi sinyal, mencoreng, memarahkan, mengharukan, merugikan, berdampingan dgn, mengutik-utik, hampir-hampir bersifat

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar م س ك dalam AlQuran 26 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 4 kali, dipakai kata kerja sebanyak 22 kali

Kajian kata أَمْسِكْ ditinjau dari aspek makna :

kata أَمْسِكْ ini masuk dalam pola kata ke :1

adapun untuk pola kata pertama seperti ini memiliki makna:

.melakukan yaitu me –, me – kan, atau me – i.

bentuk ini merupakan bentuk dari kata dasar yang dipakai dalam bahasa arab. serta yang dijadikan rujukan dalam penyusunan urutan kata yang dipakai pada kamus bahasa arab.

Kajian kata أَمْسِكْ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata seru atau kata perintah : kata أَمْسِكْ ini tergolong kata seru atau kata perintah.

adapun yang dimaksud kata seru adalah kata anjuran, sedangkan yang dimaksud dengan kata perintah yaitu kata yang digunakan untuk meminta melakukan sesuatu atau menyuruh untuk melakukan sesuatu (kata perintah).

2. kata seru / perintah : kata أَمْسِكْ ini merupakan bentuk dari kata seru atau kata perintah. kata ini selain digunakan sebagai kata seru, kata ini juga sering digunakan sebagai kata anjuran.

3. pelaku yang diperintah : kata أَمْسِكْ ini tergolong kata perintah atau kata seru ini digunakan untuk menyeru, memanggil, memohon atau memerintah kepada orang kedua tunggal (kamu) untuk melakukan aktivitas

Pemakaian kata dasar م س ك pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلاَّ اللّهُ An-Nahl 79

 

إِنَّ اللَّهَ يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَن تَزُولَا Faathir 41

 

فَلاَ مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ Faathir 2

 

وَالَّذِينَ يُمَسَّكُونَ بِالْكِتَابِ وَأَقَامُواْ الصَّلاَةَ Al-A'raaf 170

 

وَيُمْسِكُ السَّمَاءَ أَن تَقَعَ عَلَى الأَرْضِ إِلاَّ بِإِذْنِهِ Al-Hajj 65

 

وَلاَ تُمْسِكُوهُنَّ ضِرَارًا لَّتَعْتَدُواْ Al-Baqarah 231

 

إِذَا آتَيْتُمُوهُنّ أُجُورَهُنَّ وَلاَ تُمْسِكُوا بِعِصَمِ الْكَوَافِرِ Al-Mumtahinah 10

 

أَمْ آتَيْنَاهُمْ كِتَابًا مِّن قَبْلِهِ فَهُم بِهِ مُسْتَمْسِكُون Az-Zukhruf 21

 

أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُ رَحْمَتِهِ Az-Zumar 38

 

فَلاَ مُمْسِكَ لَهَا وَمَا يُمْسِكْ Faathir 2

 

خِتَامُهُ مِسْكٌ وَفِي ذَلِكَ فَلْيَتَنَافَس الْمُتَنَافِسُونَ Al-Mutaffifiin 26

 

إِذًا لَّأَمْسَكْتُم خَشْيَةَ الإِنفَاقِ وَكَانَ الإنسَانُ قَتُورًا Al-Isra 100

 

فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىَ Al-Baqarah 256
فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ Luqman 22

 

فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ Az-Zumar 42

 

فَأَمْسِكُوهُن بِمَعْرُوفٍ أَوْ سَرِّحُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ Al-Baqarah 231
فَإِن شَهِدُواْ فَأَمْسِكُوهُن فِي الْبُيُوتِ حَتَّىَ يَتَوَفَّاهُنّ الْمَوْتُ An-Nisa 15
فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُن بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ Ath-Thalaaq 2

 

الطَّلاَقُ مَرَّتَانِ فَإِمْسَاكٌ بِمَعْرُوفٍ أَوْ تَسْرِيحٌ بِإِحْسَانٍ Al-Baqarah 229

 

فَاسْتَمْسِكْ بِالَّذِي أُوحِيَ إِلَيْكَ إِنَّكَ عَلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ Az-Zukhruf 43

 

أَيُمْسِكُهُ عَلَى هُونٍ أَمْ يَدُسُّهُ فِي التُّرَابِ An-Nahl 59

 

وَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِ أَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ Al-Ahzab 37
هَذَا عَطَاؤُنَا فَامْنُنْ أَوْ أَمْسِكْ بِغَيْرِ حِسَابٍ Shaad 39

 

فَكُلُواْ مِمَّا أَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُواْ اسْمَ اللّهِ عَلَيْهِ Al-Maidah 4

 

وَلَئِن زَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّن بَعْدِهِ Faathir 41

 

إِنْ أَمْسَكَ رِزْقَهُ بَل لَّجُّوا فِي عُتُوٍّ وَنُفُورٍ Al-Mulk 21