<<<==ayat berikutnya

Al-Ahzab ayat ke 18

ayat sebelumnya ===>>


قَدْ يَعْلَمُ الـلَّـهُ ٱلْمُعَوِّقِينَ مِنكُمْ وَٱلْقَآئِلِينَ لِإِخْوَٰنِهِمْ هَلُمَّ إِلَيْنَا وَلَا يَأْتُونَ ٱلْبَأْسَ إِلَّا قَلِيلًا

Kajian kata

ٱلْبَأْسَ pada surat Al-Ahzab ayat ke 18

Bacaan dalam tulisan arab latin alba-sa
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata ٱلْبَأْسَ peperangan
Jumlah pemakaian kata ٱلْبَأْسَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata ٱلْبَأْسَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ب ء س
huruf pertama k1=ب , huruf kedua k2=ء, dan huruf ketiga k3=س
Makna dari kata dasar ب ء س :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna penderitaan, kesengsaraan, sengsara, kesedihan, kemiskinan, kemelaratan, jentaka, keadaan yg buruk sekali, keadaan yg menyedihkan, kepapaan, kefakiran, kejorokan, kejembelan, kotoran, keadaan terlantar, ketidakbahagiaan, kekurangan.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menderita, memiskinkan.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ب ء س dalam AlQuran 69 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 69 kali
Pola dasar ب ء س dalam AlQuran hanya dipakai untuk bentuk kata benda saja, dalam AlQuran untuk pola dasar ini tidak digunakan sebagai kata kerja

Kajian kata ٱلْبَأْسَ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْبَأْسَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْبَأْسَ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda abstrak : kata ٱلْبَأْسَ ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْبَأْسَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

5. kata bukan atau tidak : dalam kondisi ini kata sebelumnya yaitu وَلَا digunakan untuk memberitahukan kondisi sebaliknya dari kata يَأْتُونَ (yaitu menyatakan bukan يَأْتُونَ ). ciri kata وَلَا yang digunakan untuk menyatakan bukan hal ini dikenal dengan cara melihat konsonan_k3 dari kata يَأْتُونَ adalah konsonan_k3 tidak bersukun atau tidak kehilangan hurun nun untuk jamak una. perlu diketahui bahwa kata وَلَا dapat digunakan untuk mengatakan jangan dan untuk mengatakan tidak atau bukan. dalam kondisi ini وَلَا digunakan untuk menyatakan bukan.

6. kata bukan atau tidak : dalam kondisi ini kata sebelumnya yaitu وَلَا digunakan untuk memberitahukan kondisi sebaliknya dari kata يَأْتُونَ (yaitu menyatakan bukan يَأْتُونَ ). ciri kata وَلَا yang digunakan untuk menyatakan bukan hal ini dikenal dengan cara melihat konsonan_k3 dari kata يَأْتُونَ adalah konsonan_k3 tidak bersukun atau tidak kehilangan hurun nun untuk jamak una. perlu diketahui bahwa kata وَلَا dapat digunakan untuk mengatakan jangan dan untuk mengatakan tidak atau bukan. dalam kondisi ini وَلَا digunakan untuk menyatakan bukan.

7. predikat dari objek : kata يَأْتُونَ merupakan kata kerja yang digunakan sebagai predikat dari objek الْبَأْسَ

8. objek : kata الْبَأْسَ ini merupakan objek dari predikat yang berupa kata يَأْتُونَ

Pemakaian kata dasar ب ء س pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَلَبِئْسَ مَا شَرَوْاْ بِهِ أَنفُسَهُمْ لَوْ كَانُواْ يَعْلَمُونَ Al-Baqarah 102
فَحَسْبُهُ جَهَنَّمُ وَلَبِئْسَ الْمِهَادُ Al-Baqarah 206
لَبِئْسَ الْمَوْلَى وَلَبِئْسَ الْعَشِيرُ Al-Hajj 13
وَمَأْوَاهُمُ النَّارُ وَلَبِئْسَ الْمَصِيرُ An-Nuur 57

 

النَّارِ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Baqarah 126
وَتُحْشَرُونَ إِلَى جَهَنَّمَ وَبِئْسَ الْمِهَادُ Ali-Imran 12
وَمَأْوَاهُمُ النَّارُ وَبِئْسَ مَثْوَى الظَّالِمِينَ Ali-Imran 151
وَمَأْوَاهُ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Ali-Imran 162
مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمِهَادُ Ali-Imran 197
فَقَدْ بَاءَ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّهِ وَمَأْوَاهُ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Anfaal 16
وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ At-Taubah 73
فَأَوْرَدَهُمُ النَّارَ وَبِئْسَ الْوِرْدُ الْمَوْرُودُ Huud 98
وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمِهَادُ Arraad 18
جَهَنَّمَ يَصْلَوْنَهَا وَبِئْسَ الْقَرَارُ Ibrahim 29
وَعَدَهَا اللَّهُ الَّذِينَ كَفَرُوا وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Hajj 72
هِيَ مَوْلَاكُمْ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Hadiid 15
خَالِدِينَ فِيهَا وَبِئْسَ الْمَصِيرُ At-Taghaabun 10
وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ At-Tahriim 9
وَلِلَّذِينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Mulk 6

 

وَأَكْلِهِمُ السُّحْتَ لَبِئْسَ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ Al-Maidah 62
وَأَكْلِهِمُ السُّحْتَ لَبِئْسَ مَا كَانُواْ يَصْنَعُونَ Al-Maidah 63
لَبِئْسَ مَا كَانُواْ يَفْعَلُونَ Al-Maidah 79
لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنفُسُهُمْ Al-Maidah 80
لَبِئْسَ الْمَوْلَى وَلَبِئْسَ الْعَشِيرُ Al-Hajj 13

 

فَادْخُلُواْ أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا فَلَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ An-Nahl 29

 

وَاشْتَرَوْاْ بِهِ ثَمَناً قَلِيلاً فَبِئْسَ مَا يَشْتَرُونَ Ali-Imran 187
جَهَنَّمَ يَصْلَوْنَهَا فَبِئْسَ الْمِهَادُ Shaad 56
أَنتُمْ قَدَّمْتُمُوهُ لَنَا فَبِئْسَ الْقَرَارُ Shaad 60
خَالِدِينَ فِيهَا فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ Az-Zumar 72
الْمَشْرِقَيْن فَبِئْسَ الْقَرِينُ Az-Zukhruf 38
بِمَا نَقُولُ حَسْبُهُمْ جَهَنَّمُ يَصْلَوْنَهَا فَبِئْسَ الْمَصِيرُ Al-Mujaadilah 8

 

بِئْسَمَا اشْتَرَوْاْ بِهِ أَنفُسَهُمْ Al-Baqarah 90
قُلْ بِئْسَمَا يَأْمُرُكُمْ بِهِ إِيمَانُكُمْ Al-Baqarah 93
قَالَ بِئْسَمَا خَلَفْتُمُونِي مِن بَعْدِيَ Al-A'raaf 150

 

وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ بِئْسَ الرِّفْدُ الْمَرْفُودُ Huud 99
يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقًا Al-Kahfi 29
وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا Al-Kahfi 50
وَلاَ تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ بِئْسَ الاِسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ Al-Hujuraat 11
بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ Al-Jumu'ah 5

 

فَأَخَذْنَاهُم بِالْبَأْسَاء وَالضَّرَّاء لَعَلَّهُمْ يَتَضَرَّعُونَ Al-An'aam 42
إِلاَّ أَخَذْنَا أَهْلَهَا بِالْبَأْسَاء وَالضَّرَّاء لَعَلَّهُمْ يَضَّرَّعُونَ Al-A'raaf 94

 

فَلَوْلاَ إِذْ جَاءهُمْ بَأْسُنَا تَضَرَّعُواْ وَلَـكِن قَسَتْ قُلُوبُهُمْ Al-An'aam 43
وَكَم مِّن قَرْيَةٍ أَهْلَكْنَاهَا فَجَاءهَا بَأْسُنَا بَيَاتًا أَوْ هُمْ قَآئِلُونَ Al-A'raaf 4
فَمَا كَانَ دَعْوَاهُمْ إِذْ جَاءهُمْ بَأْسُنَا Al-A'raaf 5
أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَن يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتاً وَهُمْ نَآئِمُونَ Al-A'raaf 97
أَن يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ Al-A'raaf 98
وَلاَ يُرَدُّ بَأْسُنَا عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ Yusuf 110

 

لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ وَأَنزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ Al-Hadiid 25

 

أَوْ مِن وَرَاء جُدُرٍ بَأْسُهُمْ بَيْنَهُمْ شَدِيدٌ Al-Hasyr 14

 

وَلاَ يُرَدُّ بَأْسُهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِينَ Al-An'aam 147

 

بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَادًا لَّنَا أُوْلِي بَأْسٍ شَدِيدٍ Al-Isra 5
قَالُوا نَحْنُ أُوْلُوا قُوَّةٍ وَأُولُوا بَأْسٍ شَدِيدٍ An-Naml 33
قُل لِّلْمُخَلَّفِينَ مِنَ الْأَعْرَابِ سَتُدْعَوْنَ إِلَى قَوْمٍ أُوْلِي بَأْسٍ شَدِيدٍ Al-Fath 16

 

وَعَلَّمْنَاهُ صَنْعَةَ لَبُوسٍ لَّكُمْ لِتُحْصِنَكُم مِّن بَأْسِكُمْ Al-Anbiyaa' 80

 

 

كَذَلِكَ كَذَّبَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِم حَتَّى ذَاقُواْ بَأْسَنَا Al-An'aam 148
فَلَمَّا أَحَسُّوا بَأْسَنَا إِذَا هُم مِّنْهَا يَرْكُضُونَ Al-Anbiyaa' 12

 

وَاللّهُ أَشَدُّ بَأْسًا وَأَشَدُّ تَنكِيلاً An-Nisa 84
قَيِّمًا لِّيُنذِرَ بَأْسًا شَدِيدًا مِن لَّدُنْهُ Al-Kahfi 2

 

وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُم بَأْسَكُمْ An-Nahl 81

 

وَحَرِّضِ الْمُؤْمِنِينَ عَسَى اللّهُ أَن يَكُفَّ بَأْسَ الَّذِينَ كَفَرُواْ An-Nisa 84
أَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعاً وَيُذِيقَ بَعْضَكُم بَأْسَ بَعْضٍ Al-An'aam 65

 

مَّسَّتْهُمُ الْبَأْسَاء وَالضَّرَّاء وَزُلْزِلُواْ Al-Baqarah 214

 

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاء والضَّرَّاء وَحِينَ الْبَأْسِ Al-Baqarah 177

 

وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاء والضَّرَّاء وَحِينَ الْبَأْسِ Al-Baqarah 177

 

هَلُمَّ إِلَيْنَا وَلاَ يَأْتُونَ الْبَأْسَ إِلاَّ قَلِيلًا Al-Ahzab 18