<<<==ayat berikutnya

Al-Qashash ayat ke 57

ayat sebelumnya ===>>


وَقَالُوٓا۟ إِن نَّتَّبِعِ ٱلْهُدَىٰ مَعَكَ نُتَخَطَّفْ مِنْ أَرْضِنَآ أَوَ لَمْ نُمَكِّن لَّهُمْ حَرَمًا ءَامِنًا يُجْبَىٰٓ إِلَيْهِ ثَمَرَٰتُ كُلِّ شَىْءٍ رِّزْقًا مِّن لَّدُنَّا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Kajian kata

يُجْبَىٰٓ pada surat Al-Qashash ayat ke 57

Bacaan dalam tulisan arab latin yujbâ
Jenis kata kata kerja pasif bentuk sedang akan
Arti kata يُجْبَىٰٓ dipungut (tidak didatangkan)
Jumlah pemakaian kata يُجْبَىٰٓ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata يُجْبَىٰٓ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ج ب ي
huruf pertama k1=ج , huruf kedua k2=ب, dan huruf ketiga k3=ي
Makna dari kata dasar ج ب ي :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna ketetapan, pelihan, ketentuan

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna memilih, memutuskan, menentukan, menetapkan, memastikan, memutuskan, mematok, mempertetap, mengambil keputusan, mempertimbangkan, bertekad, mengambil kesimpulan, memperinciskan, merincis, memberikan, menugaskan, menempatkan, menyerahkan, mengatur, menyetel, terbenam, menyusun, memperbaiki, membetulkan, memasang, mendirikan, membentuk, membuat, menegakkan, meletakkan, menaruh, menidurkan, memberi resep, menyuruh, mengharuskan untuk memakai, menulis resep obat, memaksakan, mengenakan, menjatuhkan, membebankan, mengadakan, memerintah, menguasai, mengendalikan, mempengaruhi, mengemudikan, mengacu, menyesuaikan, menuntut, menunjuk, mengangkat, membenum, menetap, menyelesaikan, mengendap, melunasi, membayar, menjamin, mengasuransikan, mempertanggungkan, membuang, menjual, mengalahkan, bersabda, menitahkan, memisahkan, berpisah

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ج ب ي dalam AlQuran 11 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 3 kali, dipakai kata kerja sebanyak 8 kali
Pola dasar ج ب ي Dalam AlQuran hanya dipakai untuk bentuk kata kerja saja, dalam AlQuran untuk pola dasar ini tidak digunakan sebagai kata benda

Kajian kata يُجْبَىٰٓ ditinjau dari aspek makna :

kata يُجْبَىٰٓ ini masuk dalam pola kata ke :1

adapun untuk pola kata pertama seperti ini memiliki makna:

.melakukan yaitu me –, me – kan, atau me – i.

bentuk ini merupakan bentuk dari kata dasar yang dipakai dalam bahasa arab. serta yang dijadikan rujukan dalam penyusunan urutan kata yang dipakai pada kamus bahasa arab.

Kajian kata يُجْبَىٰٓ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata kerja : kata يُجْبَىٰٓ merupakan bentuk kata kerja.

dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya.

selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya

2. bentuk sedang / akan : kata يُجْبَىٰٓ merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi.

3. kata kerja pasif : kata يُجْبَىٰٓ ini tergolong dalam bentuk kata kerja pasif, artinya subyeknya dilakukan pekerjaan

4. obyek pelaku : kata يُجْبَىٰٓ merupakan kerja pasif ini yang menerangkan perbuatan yang sedang atau akan dilakukan. kata kerja ini merupakan kata kerja yang diawali dengan harf yang menyebabkan huruf k3 memiliki konsonan dhomah (u. adapun obyek pelaku perbuatannya adalah orang ketiga tunggal laki-laki (dia laki-laki) atau dilakukan kepada orang ketiga tunggal laki-laki (dia laki-laki)

Pemakaian kata dasar ج ب ي pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

يُجْبَى إِلَيْهِ ثَمَرَاتُ كُلِّ شَيْءٍ رِزْقًا مِن لَّدُنَّا Al-Qashash 57

 

وَكَذَلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ Yusuf 6

 

وَلَكِنَّ اللّهَ يَجْتَبِي مِن رُّسُلِهِ Ali-Imran 179
يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ Asy-Syuura 13

 

وَمِنْ آبَائِهِمْ وَذُرِّيَّاتِه وَإِخْوَانِهِم وَاجْتَبَيْنَا وَهَدَيْنَاهُم إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ Al-An'aam 87

 

وَمِن ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا Maryam 58

 

هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ Al-Hajj 78

 

شَاكِرًا لِّأَنْعُمِهِ اجْتَبَاهُ وَهَدَاهُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ An-Nahl 121
ثُمَّ اجْتَبَاهُ رَبُّهُ فَتَابَ عَلَيْهِ وَهَدَى Thaahaa 122

 

لَوْلاَ اجْتَبَيْتَهَا قُلْ إِنَّمَا أَتَّبِعُ مَا يِوحَى إِلَيَّ مِن رَّبِّي Al-A'raaf 203

 

فَاجْتَبَاهُ رَبُّهُ فَجَعَلَهُ مِنَ الصَّالِحِينَ Al-Qalam 50