<<<==ayat berikutnya

Al-Hajj ayat ke 46

ayat sebelumnya ===>>


أَفَلَمْ يَسِيرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَآ أَوْ ءَاذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى ٱلْأَبْصَٰرُ وَلَٰكِن تَعْمَى ٱلْقُلُوبُ ٱلَّتِى فِى ٱلصُّدُورِ

Kajian kata

تَعْمَى pada surat Al-Hajj ayat ke 46

Bacaan dalam tulisan arab latin ta'mâ
Jenis kata kata kerja aktif bentuk sedang atau akan terjadi
Arti kata تَعْمَى (kamu) buta
Jumlah pemakaian kata تَعْمَى dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata تَعْمَى tersusun dari kata dasar dengan suku kata ع م ي
huruf pertama k1=ع , huruf kedua k2=م, dan huruf ketiga k3=ي
Makna dari kata dasar ع م ي :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna membutakan, menyilaukan, mengaburkan, menyamarkan, mengkamuflir, menipu

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ع م ي dalam AlQuran 33 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 25 kali, dipakai kata kerja sebanyak 8 kali

Kajian kata تَعْمَى ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata kerja : kata تَعْمَى merupakan bentuk kata kerja.

dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya.

selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya

2. bentuk sedang/akan : kata تَعْمَى merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi.

3. kata kerja aktif : kata تَعْمَى ini tergolong dalam kata kerja aktif,artinya subyeknya melakukan pekerjaan

4. subyek pelaku : kata تَعْمَى ini merupakan kata kerja yang subyeknya adalah orang ke dua tunggal (kamu) laki-laki.

5. huruf majzum : kata وَلَكِن ini merupakan harf yang akan membuat kata berikutnya, dalam hal ini تَعْمَى , akan kehilangan huruf nun ( نَ ) sehingga konsonan_k3 menyisakan û ( واْ ) saja

6. majzum : kata ini memiliki وَلَكِن yang berfungsi sebagai komponen yang akan merubah konsonan_k3 dari تَعْمَى akan menjadi sukun (untuk bentuk subyek tunggal) serta û untuk subyek jamak.

Pemakaian kata dasar ع م ي pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

صُمٌّ بُكْمٌ عُمْيٌ Al-Baqarah 18
صُمٌّ بُكْمٌ عُمْيٌ فَهُمْ لاَ يَعْقِلُونَ Al-Baqarah 171

 

وَنَحْشُرُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى وُجُوهِهِمْ عُمْيًا وَبُكْمًا وَصُمًّا مَّأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ Al-Isra 97

 

بَلْ هُم مِّنْهَا عَمُونَ An-Naml 66

 

ثُمَّ تَابَ اللّهُ عَلَيْهِمْ ثُمَّ عَمُواْ وَصَمُّواْ كَثِيرٌ مِّنْهُمْ Al-Maidah 71

 

إِنَّهُمْ كَانُواْ قَوْماً عَمِينَ Al-A'raaf 64

 

فَمَنْ أَبْصَرَ فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ عَمِيَ فَعَلَيْهَا Al-An'aam 104

 

وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُوْلَئِكَ يُنَادَوْنَ مِن مَّكَانٍ بَعِيدٍ Fush-Shilat 44

 

عَلَيْهَا صُمًّا وَعُمْيَانًا Al-Furqon 73

 

أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ Muhammad 23

 

يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لاَ تَعْمَى الْأَبْصَارُ Al-Hajj 46
وَلَكِن تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ Al-Hajj 46

 

مَثَلُ الْفَرِيقَيْنِ كَالأَعْمَى وَالأَصَمِّ وَالْبَصِيرِ وَالسَّمِيعِ Huud 24

 

وَآتَانِي رَحْمَةً مِّنْ عِندِهِ فَعُمِّيَتْ عَلَيْكُمْ Huud 28

 

وَحَسِبُواْ أَلاَّ تَكُونَ فِتْنَةٌ فَعَمُواْ وَصَمُّواْ Al-Maidah 71

 

فَعَمِيَتْ عَلَيْهِمُ الْأَنبَاء يَوْمَئِذٍ فَهُمْ لاَ يَتَسَاءلُونَ Al-Qashash 66

 

كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ Arraad 19
وَمَن كَانَ فِي هَـذِهِ أَعْمَى Al-Isra 72
فَهُوَ فِي الآخِرَةِ أَعْمَى وَأَضَلُّ سَبِيلاً Al-Isra 72
فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى Thaahaa 124
قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنتُ بَصِيرًا Thaahaa 125

 

وَمَا أَنتَ بِهَادِي الْعُمْيِ عَن ضَلَالَتِهِمْ An-Naml 81
وَمَا أَنتَ بِهَادِي الْعُمْيِ عَن ضَلَالَتِهِمْ Ar-Ruum 53

 

أَفَأَنتَ تَهْدِي الْعُمْيَ وَلَوْ كَانُواْ لاَ يُبْصِرُونَ Yunus 43
أَفَأَنتَ تُسْمِعُ الصُّمَّ أَوْ تَهْدِي الْعُمْيَ Az-Zukhruf 40

 

وَأَمَّا ثَمُودُ فَهَدَيْنَاهُم فَاسْتَحَبُّوا الْعَمَى عَلَى الْهُدَى Fush-Shilat 17

 

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَفَلاَ تَتَفَكَّرُونَ Al-An'aam 50
قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الأَعْمَى وَالْبَصِيرُ Arraad 16
لَيْسَ عَلَى الْأَعْمَى حَرَجٌ وَلاَ عَلَى الْأَعْرَجِ حَرَجٌ An-Nuur 61
وَمَا يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ Faathir 19
لَيْسَ عَلَى الْأَعْمَى حَرَجٌ Al-Fath 17
أَن جَاءهُ الْأَعْمَى Abasa 2