<<<==ayat berikutnya

Thaahaa ayat ke 66

ayat sebelumnya ===>>

قَالَ بَلْ أَلْقُوا۟ فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِن سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَىٰ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

تَسْعَىٰ pada surat Thaahaa ayat ke 66

Bacaan dalam tulisan arab latin tas'â
Jenis kata kata kerja aktif bentuk sedang atau akan terjadi
Arti kata تَسْعَىٰ merayap
Jumlah pemakaian kata تَسْعَىٰ dalam AlQuran dipakai sebanyak 3 kali
Kata تَسْعَىٰ tersusun dari kata dasar dengan suku kata س ع ي
huruf pertama k1=س , huruf kedua k2=ع, dan huruf ketiga k3=ي
Makna dari kata dasar س ع ي :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna penawaran terburu, dgn cepat, cepat-cepat, terburu-buru, tergesa-gesa, lari, kandang, perjalanan, giliran bermain, tempat bergerak, kawanan, rajin, tekun, getol, oplah, jumlah penerbitan, usul, saran,

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna berjuang, bekerja keras, berusaha keras, mengusahakan, menuntut, menawarkan, menganjurkan, memberikan, menawari, memajukan, memanjatkan, memperusahakan, menjalankan, berjalan, berlari, melarikan, memimpin, menembus, menusuk, mengatur, memuat, memperlarikan, membujur, memuatkan, menjadi calon, mengajukan, mengantarkan

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar س ع ي dalam AlQuran 30 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 13 kali, dipakai kata kerja sebanyak 17 kali

Kajian kata تَسْعَىٰ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata kerja : kata تَسْعَىٰ merupakan bentuk kata kerja.

dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya.

selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya

2. bentuk sedang/akan : kata تَسْعَىٰ merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi.

3. kata kerja aktif : kata تَسْعَىٰ ini tergolong dalam kata kerja aktif,artinya subyeknya melakukan pekerjaan

4. subyek pelaku : kata تَسْعَىٰ ini merupakan kata kerja yang subyeknya adalah orang ke dua tunggal (kamu) laki-laki.

5. majrur : kata سِحْرِهِمْ yang berupa kata benda ini memiliki konsonan_k3 yang menggunakan kasrah atau menggunakan îna (untuk jamak) hal ini disebabkan karena kata سِحْرِهِمْ ini diawali dengan kata مِن .

6. huruf majzum : kata أَنَّهَا ini merupakan harf yang akan membuat kata berikutnya, dalam hal ini تَسْعَى , akan kehilangan huruf nun ( نَ ) sehingga konsonan_k3 menyisakan û ( واْ ) saja

7. majzum : kata ini memiliki أَنَّهَا yang berfungsi sebagai komponen yang akan merubah konsonan_k3 dari تَسْعَى akan menjadi sukun (untuk bentuk subyek tunggal) serta û untuk subyek jamak.

Pemakaian kata dasar س ع ي pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَجَاءَ رَجُلٌ مِّنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ يَسْعَى Al-Qashash 20
وَجَاءَ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ رَجُلٌ يَسْعَى YaaSiin 20
يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُم بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِه Al-Hadiid 12
مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِه At-Tahriim 8
ثُمَّ أَدْبَرَ يَسْعَى An-Naziaat 22
وَأَمَّا مَن جَاءكَ يَسْعَى Abasa 8

 

وَالَّذِينَ يَسْعَوْنَ فِي آيَاتِنَا مُعَاجِزِينَ أُوْلَئِكَ فِي الْعَذَابِ مُحْضَرُونَ Saba' 38

 

وَيَسْعَوْنَ فِي الأَرْضِ فَسَادًا أَن يُقَتَّلُواْ أَوْ يُصَلَّبُواْ Al-Maidah 33
وَيَسْعَوْنَ فِي الأَرْضِ فَسَادًا وَاللّهُ لاَ يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ Al-Maidah 64

 

أَن يُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ وَسَعَى فِي خَرَابِهَا Al-Baqarah 114
وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا Al-Isra 19

 

لِتُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا تَسْعَى Thaahaa 15
فَأَلْقَاهَا فَإِذَا هِيَ حَيَّةٌ تَسْعَى Thaahaa 20
فَإِذَا حِبَالُهُمْ وَعِصِيُّهُمْ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ مِن سِحْرِهِمْ أَنَّهَا تَسْعَى Thaahaa 66

 

وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الأَرْضِ لِيُفْسِدَ فِيِهَا Al-Baqarah 205
وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى An-Najm 39
يَوْمَ يَتَذَكَّرُ الْإِنسَانُ مَا سَعَى An-Naziaat 35

 

إِنَّ هَذَا كَانَ لَكُمْ جَزَاء وَكَانَ سَعْيُكُم مَّشْكُورًا Al-Insaan 22

 

وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُم مَّشْكُورًا Al-Isra 19
الَّذِينَ ضَلَّ سَعْيُهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا Al-Kahfi 104

 

يَأْتِينَكَ سَعْيًا وَاعْلَمْ Al-Baqarah 260

 

إِنَّ سَعْيَكُمْ لَشَتَّى Al-Lail 4

 

وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا Al-Isra 19

 

وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى An-Najm 40

 

وَالَّذِينَ سَعَوْا فِي آيَاتِنَا مُعَاجِزِينَ أُوْلَئِكَ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ Al-Hajj 51
وَالَّذِينَ سَعَوْا فِي آيَاتِنَا مُعَاجِزِينَ أُوْلَئِكَ Saba' 5

 

لِسَعْيِهَا رَاضِيَةٌ Al-Ghaashiyah 9

 

فَلاَ كُفْرَانَ لِسَعْيِهِ وَإِنَّا لَهُ كَاتِبُونَ Al-Anbiyaa' 94

 

فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ Al-Jumu'ah 9

 

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ Ash-Shaafaat 102