Al-Quran Online, ajakan untuk mencari ampunan dan cinta Allah

<<<==ayat berikutnya

Maryam ayat ke 23

ayat sebelumnya ===>>

فَأَجَآءَهَا ٱلْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ قَالَتْ يَٰلَيْتَنِى مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنتُ نَسْيًا مَّنسِيًّا

Klik kata warna biru menuju Quran Perkata
Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly

Hadits yang mungkin terkait

Halaman mushaf optimal untuk di komputer

Halaman mushaf untuk HP atau Tab


Kajian kata

جِذْعِ pada surat Maryam ayat ke 23

Bacaan dalam tulisan arab latin jidz'i
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata جِذْعِ batang/pangkal
Jumlah pemakaian kata جِذْعِ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata جِذْعِ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ج ذ ع
huruf pertama k1=ج , huruf kedua k2=ذ, dan huruf ketiga k3=ع
Makna dari kata dasar ج ذ ع :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna puntung, tonggak

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna membingungkan, kesandung, berjalan kaki, membungkamkan, berjalan dgn langkah berat

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ج ذ ع dalam AlQuran 3 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 3 kali
Pola dasar ج ذ ع dalam AlQuran hanya dipakai untuk bentuk kata benda saja, dalam AlQuran untuk pola dasar ini tidak digunakan sebagai kata kerja

Kajian kata : 3 جِذْعِ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata جِذْعِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. kata benda abstrak : kata جِذْعِ ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

3. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata جِذْعِ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

4. majrur : kata جِذْعِ yang berupa kata benda ini memiliki konsonan_k3 yang menggunakan kasrah atau menggunakan îna (untuk jamak) hal ini disebabkan karena kata جِذْعِ ini diawali dengan kata إِلَى .

Pemakaian kata dasar ج ذ ع pada AlQuran

(haruf arab yang berwarna biru dibawah bisa diKLIK untuk dirujukkan ke ayat terkait)

جِذْعِجُذُوعِبِجِذْعِ


Kata serumpun dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا
dan digoyangkan kepadamu/kearahmu dengan batang pohon kurma semakin menggugurkan atas kamu[pr] biji yang basah/masak buah
Maryam:25بِجِذْعِ
فَلَأُقَطِّعَنَّ أَيْدِيَكُمْ وَأَرْجُلَكُم مِّنْ خِلَٰفٍ وَلَأُصَلِّبَنَّكُمْ فِى جُذُوعِ ٱلنَّخْلِ
maka sungguh (aku) akan memotong tangan-tangan kalian dan kaki kalian dari kelainan / pergantian dan sungguh akan menyalib kalian pada, di, dalam batang pohon korma
Thaahaa:71جُذُوعِ
فَأَجَآءَهَا ٱلْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ قَالَتْ
maka mendatangkan/memaksakannya perasaan sakit akan melahirkan kepada batang/pangkal pohon kurma (kalian berdua) mengatakan
Maryam:23جِذْعِ
فَأَجَآءَهَا ٱلْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ قَالَتْ
maka mendatangkan/memaksakannya perasaan sakit akan melahirkan kepada batang/pangkal pohon kurma (kalian berdua) mengatakan
Maryam:23