<<<==ayat berikutnya

Al-Kahfi ayat ke 42

ayat sebelumnya ===>>

وَأُحِيطَ بِثَمَرِهِۦ فَأَصْبَحَ يُقَلِّبُ كَفَّيْهِ عَلَىٰ مَآ أَنفَقَ فِيهَا وَهِىَ خَاوِيَةٌ عَلَىٰ عُرُوشِهَا وَيَقُولُ يَٰلَيْتَنِى لَمْ أُشْرِكْ بِرَبِّىٓ أَحَدًا

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

وَأُحِيطَ pada surat Al-Kahfi ayat ke 42

Bacaan dalam tulisan arab latin Wauchîtha
Jenis kata kata perintah atau kata seru
Arti kata وَأُحِيطَ dan diliputi(dibinasakan)
Jumlah pemakaian kata وَأُحِيطَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata وَأُحِيطَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ح و ط
huruf pertama k1=ح , huruf kedua k2=و, dan huruf ketiga k3=ط
Makna dari kata dasar ح و ط :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna massa, rakyat jelata, rakyat banyak, gelombang orang banyak

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna mengelilingi, mengepung, melingkari, melingkungi, mengurung, melengkungi, menyerbu, mengedari, menimpa

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ح و ط dalam AlQuran 28 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 16 kali, dipakai kata kerja sebanyak 12 kali

Kajian kata وَأُحِيطَ ditinjau dari aspek makna :

kata وَأُحِيطَ ini masuk dalam pola kata ke :1

adapun untuk pola kata pertama seperti ini memiliki makna:

.melakukan yaitu me –, me – kan, atau me – i.

bentuk ini merupakan bentuk dari kata dasar yang dipakai dalam bahasa arab. serta yang dijadikan rujukan dalam penyusunan urutan kata yang dipakai pada kamus bahasa arab.

Kajian kata : 15 وَأُحِيطَ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata seru atau kata perintah : kata وَأُحِيطَ ini tergolong kata seru atau kata perintah.

adapun yang dimaksud kata seru adalah kata anjuran, sedangkan yang dimaksud dengan kata perintah yaitu kata yang digunakan untuk meminta melakukan sesuatu atau menyuruh untuk melakukan sesuatu (kata perintah).

2. imbuan : kata kerja وَأُحِيطَ ini memiliki imbuan wa ( وَ ) yang berarti dan. imbuan wa ( وَ ) ini menyatakan tambahan kesetaraan dengan kata atau frase sebelumnya.

3. kata seru / perintah : kata وَأُحِيطَ ini merupakan bentuk dari kata seru atau kata perintah. kata ini selain digunakan sebagai kata seru, kata ini juga sering digunakan sebagai kata anjuran.

4. pelaku yang diperintah : kata وَأُحِيطَ ini tergolong kata perintah atau kata seru ini digunakan untuk menyeru, memanggil, memohon atau memerintah kepada orang kedua tunggal (kamu) untuk melakukan aktivitas

Pemakaian kata dasar ح و ط pada AlQuran

(haruf arab yang berwarna biru dibawah bisa diKLIK untuk dirujukkan ke ayat terkait)

تُحِطْأُحِيطَأَحَطْنَاأَحَطتُأَحَاطَ
مُحِيطٌۢمُحِيطٌمُحِيطًالَمُحِيطَةٌۢتُحِيطُوا۟
وَأَحَٰطَتْوَأَحَاطَمُّحِيطٍمُّحِيطٌۢمُّحِيطًا
يُحِيطُونَيُحِيطُوا۟يُحَاطَوَأُحِيطَ


Kata serumpun dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِن يَسْتَغِيثُوا۟ يُغَاثُوا۟ بِمَآءٍ كَٱلْمُهْلِ
semakin meliputi dengan mereka asapnya/gejolaknya dan jika meminta minum diberi minum dengan air seperti logam yang mendidih
Al-Kahfi:29أَحَاطَ
وَأَنَّ الـلَّـهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَىْءٍ عِلْمًۢا
dan bahwasannya Allah sungguh/benar-benar semakin meliputi dengan setiap sesuatu pengetahuan
Ath-Thalaaq:12
وَأُخْرَىٰ لَمْ تَقْدِرُوا۟ عَلَيْهَا قَدْ أَحَاطَ الـلَّـهُ بِهَا
dan yang lain tidak menguasai diatasnya sesungguhnya semakin meliputi Allah padanya
Al-Fath:21
وَإِذْ قُلْنَا لَكَ إِنَّ رَبَّكَ أَحَاطَ بِٱلنَّاسِ
dan ketika dikatakan kepadamu sesungguhnya tuhanmu semakin meliputi dengan manusia
Al-Isra:60
فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ
maka (ia) menetap tidak / bukan / selain yang jauh lalu (ia) mengatakan (aku) telah meliputi/mengetahui dengan apa tidak diliputilah dengannya
An-Naml:22أَحَطتُ
كَذَٰلِكَ وَقَدْ أَحَطْنَا بِمَا لَدَيْهِ خُبْرًا
demikianlah dan sesungguhnya (kami) meliputi dengan apa/segala apa di sisinya pengalaman/pengetahuan
Al-Kahfi:91أَحَطْنَا
وَظَنُّوٓا۟ أَنَّهُمْ أُحِيطَ بِهِمْ دَعَوُا۟ الـلَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ
dan (mereka[lk]) mengira sesungguhnya mereka diliputi/terkepung dengan mereka (mereka) menyeru Allah (mereka) yang mengikhlaskan/memurnikan kepadaNya ketaatan/agama
Yunus:22أُحِيطَ
فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ
maka (ia) menetap tidak / bukan / selain yang jauh lalu (ia) mengatakan (aku) telah meliputi/mengetahui dengan apa tidak diliputilah dengannya
An-Naml:22تُحِطْ
وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ خُبْرًا
dan bagaimana melakukan kesabaran atas/terhadap apa tidak diliputilah dengannya/tentang itu pengalaman/pengetahuan
Al-Kahfi:68
أَكَذَّبْتُم بِـَٔايَٰتِى وَلَمْ تُحِيطُوا۟ بِهَا عِلْمًا
apakah (kalian[lk]) mendustakan dengan ayat-ayat-Ku dan/padahal kamu tidak diliputi padanya pengetahuan
An-Naml:84تُحِيطُوا۟
وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌۢ بِٱلْكَٰفِرِينَ
dan sesungguhnya neraka jahanam sungguh meliputi dengan orang-orang kafir
At-Taubah:49لَمُحِيطَةٌۢ
يَسْتَعْجِلُونَكَ بِٱلْعَذَابِ وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمُحِيطَةٌۢ بِٱلْكَٰفِرِينَ
(mereka[lk]) mohon menyegerakan kepadamu dengan azab dan sesungguhnya neraka jahanam sungguh meliputi dengan orang-orang kafir
Al-Ankabuut:54
وَكَانَ الـلَّـهُ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطًا
dan (ia) adalah Allah dengan/terhadap apa mengerjakan maha meliputi
An-Nisa:108مُحِيطًا
وَيَصُدُّونَ عَن سَبِيلِ الـلَّـهِ وَالـلَّـهُ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ
dan menghalang-halangi dari jalan Allah dan Allah dengan apa mengerjakan (ia[lk]) yang meliputi
Al-Anfaal:47مُحِيطٌ
وَٱتَّخَذْتُمُوهُ وَرَآءَكُمْ ظِهْرِيًّا إِنَّ رَبِّى بِمَا تَعْمَلُونَ مُحِيطٌ
dan kamu mengambil/meletakkan Dia di belakang kalian punggung sesungguhnya tuhanku dengan/terhadap apa melakukan (ia[lk]) yang meliputi
Huud:92
إِنَّ الـلَّـهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ
sesungguhnya Allah dengan/terhadap (segala apa) mengerjakan (ia[lk]) yang meliputi
Ali-Imran:120
وَالـلَّـهُ مُحِيطٌۢ بِٱلْكَٰفِرِينَ
dan Allah (ia[lk]) yang meliputi dengan orang-orang kafir
Al-Baqarah:19مُحِيطٌۢ
وَكَانَ الـلَّـهُ بِكُلِّ شَىْءٍ مُّحِيطًا
dan (ia) adalah Allah dengan setiap sesuatu maha meliputi
An-Nisa:126مُّحِيطًا
أَلَآ إِنَّهُۥ بِكُلِّ شَىْءٍ مُّحِيطٌۢ
ingatlah sesungguhnya dia dengan setiap sesuatu maha meliputi
Fush-Shilat:54مُّحِيطٌۢ
وَالـلَّـهُ مِن وَرَآئِهِم مُّحِيطٌۢ
dan Allah dari belakang mereka (ia[lk]) yang meliputi
Al-Buruuj:20
إِنِّىٓ أَرَىٰكُم بِخَيْرٍ وَإِنِّىٓ أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ مُّحِيطٍ
sesungguhnya aku memandang kalian[lk] dengan kebaikan dan sesungguhnya aku (aku) semakin takut atas kalian siksa hari meliputi
Huud:84مُّحِيطٍ
وَأَحَاطَ بِمَا لَدَيْهِمْ وَأَحْصَىٰ كُلَّ شَىْءٍ عَدَدًۢا
dan meliputi terhadap apa di sisi mereka dan dia menghitung tiap-tiap sesuatu bilangan / hitungan
Al-Jinn:28وَأَحَاطَ
وَأَحَٰطَتْ بِهِۦ خَطِيٓـَٔتُهُۥ
dan (ia) meliputi dengannya kesalahannya/dosanya
Al-Baqarah:81وَأَحَٰطَتْ
وَأُحِيطَ بِثَمَرِهِۦ فَأَصْبَحَ يُقَلِّبُ كَفَّيْهِ
dan diliputi(dibinasakan) dengan buahnya / kekayaanya maka (ia[lk]) akhirnya menjadikan sungguh-sungguh akan membolak-balik kedua tapak tangannya
Al-Kahfi:42وَأُحِيطَ
لَتَأْتُنَّنِى بِهِۦٓ إِلَّآ أَن يُحَاطَ بِكُمْ
pasti didatangkan aku dengannya kecuali bahwa mengepung padamu
Yusuf:66يُحَاطَ
بَلْ كَذَّبُوا۟ بِمَا لَمْ يُحِيطُوا۟ بِعِلْمِهِۦ
bahkan (mereka) mendustakan dengan apa tidak diliputi dengan pengetahuannya
Yunus:39يُحِيطُوا۟
وَلَا يُحِيطُونَ بِهِۦ عِلْمًا
dan mereka tidak diketahui dengan-Nya pengetahuan
Thaahaa:110يُحِيطُونَ
وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ
dan apa belakang mereka dan tidak diketahui dengan sesuatu apapun dari pengetahuannya
Al-Baqarah:255
وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ
dan apa belakang mereka dan tidak diketahui dengan sesuatu apapun dari pengetahuannya
Al-Baqarah:255