<<<==ayat berikutnya

Al-Kahfi ayat ke 19

ayat sebelumnya ===>>


وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَٰهُمْ لِيَتَسَآءَلُوا۟ بَيْنَهُمْ قَالَ قَآئِلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ قَالُوا۟ لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ قَالُوا۟ رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَٱبْعَثُوٓا۟ أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِۦٓ إِلَى ٱلْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَآ أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا

Kajian kata

يُشْعِرَنَّ pada surat Al-Kahfi ayat ke 19

Bacaan dalam tulisan arab latin yusy'iranna
Jenis kata kata kerja pasif bentuk sedang akan
Arti kata يُشْعِرَنَّ menyebabkan memberitahukan
Jumlah pemakaian kata يُشْعِرَنَّ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata يُشْعِرَنَّ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ش ع ر
huruf pertama k1=ش , huruf kedua k2=ع, dan huruf ketiga k3=ر
Makna dari kata dasar ش ع ر :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna harganya, kimat, laju, suku, angka, kecepatan, kadar, kurs, tarip, kapasitas, label, biaya, rekening, punca, carikan kain, etiket, bea, hadiah, kegilaan, hiruk-pikuk

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menetapkan harga, menanyakan harga, menilai, memarahi, menyebut, memberi harga pd

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ش ع ر dalam AlQuran 40 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 13 kali, dipakai kata kerja sebanyak 27 kali

Kajian kata يُشْعِرَنَّ ditinjau dari aspek makna :

kata يُشْعِرَنَّ ini masuk dalam pola kata ke :4

adapun makna dari pola kata keempat ini adalah :

1. mencipta,

2.memasuki

3. mewujudkan

format : alif-k1k2ak3a

Kajian kata يُشْعِرَنَّ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata kerja : kata يُشْعِرَنَّ merupakan bentuk kata kerja.

dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya.

selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya

2. bentuk sedang / akan : kata يُشْعِرَنَّ merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi.

3. kata kerja pasif : kata يُشْعِرَنَّ ini tergolong dalam bentuk kata kerja pasif, artinya subyeknya dilakukan pekerjaan

4. obyek pelaku : kata يُشْعِرَنَّ merupakan kerja pasif ini yang menerangkan perbuatan yang sedang atau akan dilakukan. kata kerja ini merupakan kata kerja yang diawali dengan harf yang menyebabkan huruf k3 memiliki konsonan dhomah (u. adapun obyek pelaku perbuatannya adalah orang ketiga tunggal laki-laki (dia laki-laki) atau dilakukan kepada orang ketiga tunggal laki-laki (dia laki-laki)

5. kesungguhan : kata يُشْعِرَنَّ ini memiliki makna kesungguhan hal ini dicirikan oleh adanya huruf nun tajdid pada huruf setelah konsonan_k3.

Pemakaian kata dasar ش ع ر pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَمَا يُشْعِرُكُمْ أَنَّهَا إِذَا جَاءتْ لاَ يُؤْمِنُونَ Al-An'aam 109

 

وَلْيَتَلَطَّف وَلاَ يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا Al-Kahfi 19

 

وَمَا يَخْدَعُونَ إِلاَّ أَنفُسَهُم وَمَا يَشْعُرُونَ Al-Baqarah 9
وَلَـكِن لاَّ يَشْعُرُونَ Al-Baqarah 12
لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلاَّ أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ Ali-Imran 69
وَإِن يُهْلِكُونَ إِلاَّ أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ Al-An'aam 26
وَمَا يَمْكُرُونَ إِلاَّ بِأَنفُسِهِمْ وَمَا يَشْعُرُونَ Al-An'aam 123
فَأَخَذْنَاهُم بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Al-A'raaf 95
هَـذَا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Yusuf 15
أَوْ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Yusuf 107
أَمْواتٌ غَيْرُ أَحْيَاء وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ An-Nahl 21
وَأَتَاهُمُ الْعَذَابُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَشْعُرُونَ An-Nahl 26
أَوْ يَأْتِيَهُمُ الْعَذَابُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَشْعُرُونَ An-Nahl 45
نُسَارِعُ لَهُمْ فِي الْخَيْرَاتِ بَل لَّا يَشْعُرُونَ Al-Mu'minuun 56
فَيَأْتِيَهُم بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Asy-Syu'araa' 202
لاَ يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ An-Naml 18
وَمَكَرُوا مَكْرًا وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ An-Naml 50
وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ An-Naml 65
عَسَى أَن يَنفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Al-Qashash 9
وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Al-Qashash 11
وَلَيَأْتِيَنَّهُم بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Al-Ankabuut 53
فَأَتَاهُمُ الْعَذَابُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَشْعُرُونَ Az-Zumar 25
أَن تَأْتِيَهُم بَغْتَةً وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ Az-Zukhruf 66

 

وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَى حِينٍ An-Nahl 80

 

وَالشُّعَرَاء يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ Asy-Syu'araa' 224

 

بَلْ أَحْيَاء وَلَكِن لاَّ تَشْعُرُونَ Al-Baqarah 154
إِنْ حِسَابُهُمْ إِلاَّ عَلَى رَبِّي لَوْ تَشْعُرُونَ Asy-Syu'araa' 113
أَن يَأْتِيَكُمُ العَذَابُ بَغْتَةً وَأَنتُمْ لاَ تَشْعُرُونَ Az-Zumar 55
أَن تَحْبَطَ أَعْمَالُكُمْ وَأَنتُمْ لاَ تَشْعُرُونَ Al-Hujuraat 2

 

بَلْ هُوَ شَاعِرٌ فَلْيَأْتِنَا بِآيَةٍ كَمَا أُرْسِلَ الأَوَّلُونَ Al-Anbiyaa' 5
أَمْ يَقُولُونَ شَاعِرٌ نَّتَرَبَّصُ بِهِ رَيْبَ الْمَنُونِ Ath-Thuur 30

 

وَمَا هُوَ بِقَوْلِ شَاعِرٍ قَلِيلًا مَا تُؤْمِنُونَ Al-Haaqqah 41

 

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِن شَعَآئِرِ اللّهِ Al-Baqarah 158
وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُم مِّن شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ Al-Hajj 36

 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تُحِلُّواْ شَعَآئِرَ اللّهِ Al-Maidah 2
ذَلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى الْقُلُوبِ Al-Hajj 32

 

وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُوا آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَّجْنُونٍ Ash-Shaafaat 36

 

فَاذْكُرُواْ اللّهَ عِندَ الْمَشْعَرِ الْحَرَامِ Al-Baqarah 198

 

وَأَنَّهُ هُوَ رَبُّ الشِّعْرَى An-Najm 49

 

وَمَا عَلَّمْنَاهُ الشِّعْرَ وَمَا يَنبَغِي لَهُ YaaSiin 69