<<<==ayat berikutnya

Al-Baqarah ayat ke 196

ayat sebelumnya ===>>

وَأَتِمُّوا۟ ٱلْحَجَّ وَٱلْعُمْرَةَ لِـلَّـهِ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا ٱسْتَيْسَرَ مِنَ ٱلْهَدْىِ وَلَا تَحْلِقُوا۟ رُءُوسَكُمْ حَتَّىٰ يَبْلُغَ ٱلْهَدْىُ مَحِلَّهُۥ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ بِهِۦٓ أَذًى مِّن رَّأْسِهِۦ فَفِدْيَةٌ مِّن صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ فَإِذَآ أَمِنتُمْ فَمَن تَمَتَّعَ بِٱلْعُمْرَةِ إِلَى ٱلْحَجِّ فَمَا ٱسْتَيْسَرَ مِنَ ٱلْهَدْىِ فَمَن لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَٰثَةِ أَيَّامٍ فِى ٱلْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ذَٰلِكَ لِمَن لَّمْ يَكُنْ أَهْلُهُۥ حَاضِرِى ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ وَٱتَّقُوا۟ الـلَّـهَ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ الـلَّـهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

ٱلْحَجِّ pada surat Al-Baqarah ayat ke 196

Bacaan dalam tulisan arab latin alchajji
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata ٱلْحَجِّ orang-orang yang mengerjakan haji
Jumlah pemakaian kata ٱلْحَجِّ dalam AlQuran dipakai sebanyak 4 kali
Kata ٱلْحَجِّ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ح ج ج
huruf pertama k1=ح , huruf kedua k2=ج, dan huruf ketiga k3=ج
Makna dari kata dasar ح ج ج :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna alasan, penjelasan, perbedaan pendapat, percekcokan, uraian, kasus, hal, perkara, kotak, kejadian, akal, karena, sebab, akal budi, permohonan, pembelaan, permintaan, dalih, argumen, budi, penyebab, maksud, pernyataan maaf, pernyataan menyesal, helat, helah, alibi, dasar, dasar rasionil, tanah, lapangan, daerah, permukaan bumi, pokok, motif, tujuan, niat, motivasi, dorongan, pengalasan, daya batin, perangsangan, dasar pikiran, kesempatan, peristiwa, bukti, kesaksian, petunjuk, tanda, keterangan, contoh, kebenaran, pruf, cetakan percobaan, otot, urat, urat daging, kekuatan, ira, salvo, semburan, sorakan, tembakan serentak, sebab-sebabnya, angka, torehan, alasan, pikiran, benak, batin, jiwa, fikiran, ide, gagasan, gambaran, pemikiran, pendapat, pikir, perhatian, pertimbangan, renungan, kepala, ketua, pemimpin, ekor, otak, dugaan, angan, anggapan, timbangan, pendirian

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ح ج ج dalam AlQuran 33 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 19 kali, dipakai kata kerja sebanyak 14 kali

Kajian kata ٱلْحَجِّ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْحَجِّ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْحَجِّ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda abstrak : kata ٱلْحَجِّ ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْحَجِّ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

5. majrur : kata الْحَجِّ yang berupa kata benda ini memiliki konsonan_k3 yang menggunakan kasrah atau menggunakan îna (untuk jamak) hal ini disebabkan karena kata الْحَجِّ ini diawali dengan kata فِي .

Pemakaian kata dasar ح ج ج pada AlQuran

(haruf arab yang berwarna biru dibawah bisa diKLIK untuk dirujukkan ke ayat terkait)

حَآجَّتُحَآجُّونَبِٱلْحَجِّأَتُحَٰٓجُّوٓنِّىأَتُحَآجُّونَنَا
حَٰجَجْتُمْحَجَّحَآجُّوكَحَآجَّكَحَآجَّ
حُجَّتَهُمْحُجَّةَحُجَّةٌۢحُجَّةٌحَٰجَجْتُمْ
حِجُّحِجَجٍحُجَّتُهُمْحُجَّتُنَآحُجَّتَهُمْ
يَتَحَآجُّونَوَٱلْحَجِّوَحَآجَّهُۥلِيُحَآجُّوكُمحِجُّ
ٱلْحَجَّٱلْحَآجِّيُحَآجُّونَ


Kata serumpun dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

قُلْ أَتُحَآجُّونَنَا فِى الـلَّـهِ
katakanlah apakah kamu akan memperdebatkan Kami (kalian) bertasbih Allah
Al-Baqarah:139أَتُحَآجُّونَنَا
وَحَآجَّهُۥ قَوْمُهُۥ قَالَ أَتُحَٰٓجُّوٓنِّى فِى الـلَّـهِ
dan membantah kepadanya kaumnya mengatakan apakah kamu hendak membantahku (kalian) bertasbih Allah
Al-An'aam:80أَتُحَٰٓجُّوٓنِّى
وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا
dan serulah (kalian) bertasbih manusia untuk mengerjakan haji (mereka[lk]) datang kepadamu orang laki-laki
Al-Hajj:27بِٱلْحَجِّ
فَلِمَ تُحَآجُّونَ فِيمَا لَيْسَ لَكُم بِهِۦ عِلْمٌ
maka mengapa berbantahan tentang apa (ia) bukankah bagimu dengannya pengetahuan
Ali-Imran:66تُحَآجُّونَ
يَٰٓأَهْلَ ٱلْكِتَٰبِ لِمَ تُحَآجُّونَ فِىٓ إِبْرَٰهِيمَ
hai ahli kitab mengapa berbantahan (kalian) bertasbih Ibrahim
Ali-Imran:65
أَلَمْ تَرَ إِلَى ٱلَّذِى حَآجَّ إِبْرَٰهِيمَ فِى رَبِّهِۦٓ
apakah tidak kamu memperhatikan/melihat kepada yang mendebat Ibrahim (kalian) bertasbih tuhannya
Al-Baqarah:258حَآجَّ
فَمَنْ حَآجَّكَ فِيهِ مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَكَ مِنَ ٱلْعِلْمِ
maka barang siapa membantah kamu tentang (kebenaran) itu dari sesudah apa datang kepadamu dari pengetahuan
Ali-Imran:61حَآجَّكَ
فَإِنْ حَآجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِىَ لِـلَّـهِ
maka jika mereka mendebat kamu maka katakanlah (aku) menunduk wajahku/diriku kepada Allah
Ali-Imran:20حَآجُّوكَ
فَمَنْ حَجَّ ٱلْبَيْتَ أَوِ ٱعْتَمَرَ
maka barang siapa mendebat rumah/baitullah atau (ia) sungguh-sungguh berumrah
Al-Baqarah:158حَجَّ
هَٰٓأَنتُمْ هَٰٓؤُلَآءِ حَٰجَجْتُمْ فِيمَا لَكُم بِهِۦ عِلْمٌ
beginilah kamu (kamu) ini (kalian) berbantahan tentang apa bagimu dengannya pengetahuan
Ali-Imran:66حَٰجَجْتُمْ
لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ
agar tidak adalah bagi manusia atas kalian alasan
Al-Baqarah:150حُجَّةٌ
عَلَى الـلَّـهِ حُجَّةٌۢ بَعْدَ ٱلرُّسُلِ
atas/terhadap Allah alasan sesudah para rasul
An-Nisa:165حُجَّةٌۢ
لَا حُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الـلَّـهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا وَإِلَيْهِ ٱلْمَصِيرُ
tidak ada pertengkaran diantara kami dan diantara kamu Allah mengumpulkan diantara kami dan kepada-Nya tempat kembali
Asy-Syuura:15حُجَّةَ
وَإِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتُنَا بَيِّنَٰتٍ مَّا كَانَ حُجَّتَهُمْ
dan apabila dibacakan atas mereka ayat-ayat Kami bukti nyata tidak dan (ia) adalah bantahan mereka
Al-Jaatsiyah:25حُجَّتَهُمْ
وَتِلْكَ حُجَّتُنَآ ءَاتَيْنَٰهَآ إِبْرَٰهِيمَ عَلَىٰ قَوْمِهِۦ
dan itulah(tunggal) alasan/hujjah Kami kami berikannya Ibrahim atas/terhadap kaumnya
Al-An'aam:83حُجَّتُنَآ
وَٱلَّذِينَ يُحَآجُّونَ فِى الـلَّـهِ مِنۢ بَعْدِ مَا ٱسْتُجِيبَ لَهُۥ حُجَّتُهُمْ دَاحِضَةٌ
dan orang-orang yang dibantah (kalian) bertasbih Allah dari sesudah apa(agama) diterima padanya bantahan mereka (ia[pr]) yang menyia-nyiakan
Asy-Syuura:16حُجَّتُهُمْ
عَلَىٰٓ أَن تَأْجُرَنِى ثَمَٰنِىَ حِجَجٍ
atasku/terhadapku bahwa kamu mengambil upah/bekerja padaku delapan tahun
Al-Qashash:27حِجَجٍ
وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ
dan barang siapa (ia) memasukinya dan (ia) adalah aman kalian membuat kebaikan atas/terhadap manusia berhaji
Ali-Imran:97حِجُّ
لِيُحَآجُّوكُم بِهِۦ عِندَ رَبِّكُمْ
supaya dikalahkan hujjah (bantahan)mu dengannya disisi tuhan kalian
Al-Baqarah:76لِيُحَآجُّوكُم
وَحَآجَّهُۥ قَوْمُهُۥ قَالَ أَتُحَٰٓجُّوٓنِّى فِى الـلَّـهِ
dan membantah kepadanya kaumnya mengatakan apakah kamu hendak membantahku (kalian) bertasbih Allah
Al-An'aam:80وَحَآجَّهُۥ
قُلْ هِىَ مَوَٰقِيتُ لِلنَّاسِ وَٱلْحَجِّ
katakanlah ia [pr] tanda-tanda waktu tertentu bagi manusia dan (ibadah) haji
Al-Baqarah:189وَٱلْحَجِّ
وَإِذْ يَتَحَآجُّونَ فِى ٱلنَّارِ فَيَقُولُ ٱلضُّعَفَٰٓؤُا۟ لِلَّذِينَ ٱسْتَكْبَرُوٓا۟
dan ketika saling berbantah-bantahan (kalian) bertasbih neraka lalu mengatakan orang-orang yang lemah bagi orang-orang yang (kalian) mencari kesombongan diri
Ghafir:47يَتَحَآجُّونَ
مِّثْلَ مَآ أُوتِيتُمْ أَوْ يُحَآجُّوكُمْ عِندَ رَبِّكُمْ
seperti apa (kalian) diberi (mereka) mengetahui dibantah oleh kalian[lk] disisi tuhan kalian
Ali-Imran:73يُحَآجُّوكُمْ
وَٱلَّذِينَ يُحَآجُّونَ فِى الـلَّـهِ مِنۢ بَعْدِ مَا ٱسْتُجِيبَ لَهُۥ حُجَّتُهُمْ دَاحِضَةٌ
dan orang-orang yang dibantah (kalian) bertasbih Allah dari sesudah apa(agama) diterima padanya bantahan mereka (ia[pr]) yang menyia-nyiakan
Asy-Syuura:16يُحَآجُّونَ
أَجَعَلْتُمْ سِقَايَةَ ٱلْحَآجِّ وَعِمَارَةَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ
apakah (kalian) menjadikan pemberi minum orang-orang yang mengerjakan haji dan pengurus masjid Haram
At-Taubah:19ٱلْحَآجِّ
فَمَن فَرَضَ فِيهِنَّ ٱلْحَجَّ
maka barang siapa (ia [lk]) menentukan / mewajibkan tentang mereka[pr] berhaji
Al-Baqarah:197ٱلْحَجَّ
وَأَتِمُّوا۟ ٱلْحَجَّ وَٱلْعُمْرَةَ لِـلَّـهِ
dan (kalian) sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah
Al-Baqarah:196
ٱلْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُومَٰتٌ
haji bulan-bulan (kb jamak) yang ditentukan
Al-Baqarah:197ٱلْحَجُّ
وَأَذَٰنٌ مِّنَ الـلَّـهِ وَرَسُولِهِۦٓ إِلَى ٱلنَّاسِ يَوْمَ ٱلْحَجِّ ٱلْأَكْبَرِ
dan suatu permakluman dari Allah dan rasul-nya kepada manusia pada hari orang-orang yang mengerjakan haji besar
At-Taubah:3ٱلْحَجِّ
فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوقَ وَلَا جِدَالَ فِى ٱلْحَجِّ
maka tidak boleh (ia) menggauli dan tidak boleh berbuat fasik dan tidak boleh bertengkar (kalian) bertasbih orang-orang yang mengerjakan haji
Al-Baqarah:197
فَإِذَآ أَمِنتُمْ فَمَن تَمَتَّعَ بِٱلْعُمْرَةِ إِلَى ٱلْحَجِّ
maka apabila (kalian) aman maka barang siapa (ia[lk]) kemudian menjadi tamattu'/ingin dengan ibadah umrah kepada (sebelum) orang-orang yang mengerjakan haji
Al-Baqarah:196
ثَلَٰثَةِ أَيَّامٍ فِى ٱلْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ذَٰلِكَ
tiga[lk] beberapa hari (kalian) bertasbih orang-orang yang mengerjakan haji dan tujuh apabila (kalian) kembali itu[tg.pr] sepuluh (ia[pr]) yang menyempurnakan itu[tg.lk]
Al-Baqarah:196