<<<==ayat berikutnya

Arraad ayat ke 12

ayat sebelumnya ===>>


هُوَ ٱلَّذِى يُرِيكُمُ ٱلْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنشِئُ ٱلسَّحَابَ ٱلثِّقَالَ

Kajian kata

ٱلثِّقَالَ pada surat Arraad ayat ke 12

Bacaan dalam tulisan arab latin altstsiqâla
Jenis kata kata benda atau sifat
Arti kata ٱلثِّقَالَ tebal/mendung
Jumlah pemakaian kata ٱلثِّقَالَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata ٱلثِّقَالَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ث ق ل
huruf pertama k1=ث , huruf kedua k2=ق, dan huruf ketiga k3=ل
Makna dari kata dasar ث ق ل :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna bobot, timbangan, pengaruh, kepentingan, anak timbangan, timpaan, batu ladung, anting-anting, gaya berat, kegawatan, keberatan, kelebatan, depresi, kesialan, kemalangan, kekakuan, kelembaman, indolensi, pentingnya, pemberat, tolak bara, balas, bara bahara, bagasi, barang, kopor-kopor, koper-koper, makna, arti.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna memberatkan, mempengaruhi, membalas, mengartikan, memaknai, menimbang, menguatkan, melebatkan.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ث ق ل dalam AlQuran 28 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 22 kali, dipakai kata kerja sebanyak 6 kali

Kajian kata ٱلثِّقَالَ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلثِّقَالَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلثِّقَالَ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلثِّقَالَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

4. kata benda atau menerangkan kata sifat : kata ٱلثِّقَالَ ini memiliki konsonan k2 panjang yang dapat digunakan sebagai kata benda atau digunakan sebagai kata sifat.

5. kata yang diberi sifat : kata السَّحَابَ ini akan diberi sifat dengan kata sifat yang terletak dikata berikutnya yaitu الثِّقَالَ . kata yang diberi sifat ini tidak boleh menggunakan tanwin, sedangkan kata sifatanya selalu menggunakan akhiran dengan huruf hidup yaitu fatchah, kasrah atau dhomah untuk tunggal.

6. kata yang mensifati : kata الثِّقَالَ ini memberi sifat kepada kata sebelumnya yaitu السَّحَابَ . kata yang diberi sifat ini, yaitu السَّحَابَ , tidak pernah menggunakan tanwin, sedangkan kata sifatnya selalu menggunakan akhiran yang sesuai dengan akhiran huruf hidup dari kata yang diberi sifat.

Pemakaian kata dasar ث ق ل pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

انْفِرُواْ خِفَافًا وَثِقَالاً وَجَاهِدُواْ بِأَمْوَالِكُم وَأَنفُسِكُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ At-Taubah 41

 

وَلَيَحْمِلُنّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالًا مَّعَ أَثْقَالِهِمْ Al-Ankabuut 13

 

حَتَّى إِذَا أَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالاً سُقْنَاهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ Al-A'raaf 57

 

إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا Al-Muzzammil 5
وَيَذَرُونَ وَرَاءهُمْ يَوْمًا ثَقِيلًا Al-Insaan 27

 

وَالْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ الْحَقُّ فَمَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ Al-A'raaf 8
لاَ يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلاَّ هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ Al-A'raaf 187
فَمَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ Al-Mu'minuun 102
فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ Al-Qaariah 6

 

أَمْ تَسْأَلُهُمْ أَجْرًا فَهُم مِّن مَّغْرَمٍ مُّثْقَلُونَ Ath-Thuur 40
أَمْ تَسْأَلُهُمْ أَجْرًا فَهُم مِّن مَّغْرَمٍ مُّثْقَلُونَ Al-Qalam 46

 

وَإِن تَدْعُ مُثْقَلَةٌ إِلَى حِمْلِهَا لاَ يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ Faathir 18

 

لاَ يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلاَ فِي الأَرْضِ Saba' 3

 

مِن مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاء Yunus 61

 

إِنَّ اللّهَ لاَ يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ An-Nisa 40
وَإِن كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ Al-Anbiyaa' 47
يَابُنَيَّ إِنَّهَا إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ Luqman 16
لاَ يَمْلِكُونَ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ Saba' 22
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ Az-Zalzalah 7
وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ Az-Zalzalah 8

 

انفِرُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ اثَّاقَلْتُمْ إِلَى الأَرْضِ At-Taubah 38

 

وَلَيَحْمِلُنّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالًا مَّعَ أَثْقَالِهِمْ Al-Ankabuut 13

 

وَتَحْمِلُ أَثْقَالَكُمْ إِلَى بَلَدٍ لَّمْ تَكُونُواْ بَالِغِيهِ إِلاَّ بِشِقِّ الأَنفُسِ An-Nahl 7

 

وَأَخْرَجَتِ الأَرْضُ أَثْقَالَهَا Az-Zalzalah 2

 

وَلَيَحْمِلُنّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالًا مَّعَ أَثْقَالِهِمْ Al-Ankabuut 13

 

فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّا أَثْقَلَت دَّعَوَا اللّهَ Al-A'raaf 189

 

هُوَ الَّذِي يُرِيكُمُ الْبَرْقَ خَوْفًا وَطَمَعًا وَيُنْشِىءُ السَّحَابَ الثِّقَالَ Arraad 12

 

سَنَفْرُغُ لَكُمْ أَيُّهَا الثَّقَلَانِ Ar-Rahman 31