<<<==ayat berikutnya

Yusuf ayat ke 100

ayat sebelumnya ===>>

وَرَفَعَ أَبَوَيْهِ عَلَى ٱلْعَرْشِ وَخَرُّوا۟ لَهُۥ سُجَّدًا وَقَالَ يَٰٓأَبَتِ هَٰذَا تَأْوِيلُ رُءْيَٰىَ مِن قَبْلُ قَدْ جَعَلَهَا رَبِّى حَقًّا وَقَدْ أَحْسَنَ بِىٓ إِذْ أَخْرَجَنِى مِنَ ٱلسِّجْنِ وَجَآءَ بِكُم مِّنَ ٱلْبَدْوِ مِنۢ بَعْدِ أَن نَّزَغَ ٱلشَّيْطَٰنُ بَيْنِى وَبَيْنَ إِخْوَتِىٓ إِنَّ رَبِّى لَطِيفٌ لِّمَا يَشَآءُ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

ٱلْبَدْوِ pada surat Yusuf ayat ke 100

Bacaan dalam tulisan arab latin albadwi
Jenis kata kata benda yang menerangkan tempat
Arti kata ٱلْبَدْوِ dusun
Jumlah pemakaian kata ٱلْبَدْوِ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata ٱلْبَدْوِ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ب د و
huruf pertama k1=ب , huruf kedua k2=د, dan huruf ketiga k3=و
Makna dari kata dasar ب د و :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna pembina, penegak, tukang cor, pencipta, kreator, utama, pokok, prinsipil, terpenting, kebuyutan, asli, orisinil, sesuatu yg asli, orang yg aneh pikirannya, awal, permulaan, pangkal, punca, mula

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna membuat, menciptakan, menimbulkan, memperbaharui , memperbaiki, merubah lebih baik, meningkatkan, memperbanyak, melakukan inovasi, mewujudkan, mencipta, menjadikan, menjelmakan, memperbuat, tenggelam, karam, roboh, jatuh, gagal, terperosok

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ب د و dalam AlQuran 28 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 7 kali, dipakai kata kerja sebanyak 21 kali

Kajian kata ٱلْبَدْوِ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْبَدْوِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. gender laki-laki : kata ٱلْبَدْوِ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

3. kata dengan jumlah tunggal : untuk kata ٱلْبَدْوِ ini digolongkan dalam bentuk kata tunggal yang memiliki jenis laki-laki.

4. keterangan tempat : kata ٱلْبَدْوِ ini tergolong kata yang menerangkan posisi atau tempat. untuk jenis kata yang menerangkan posisi atau tempat ini tidak memiliki aturan khusus (tasrifan). selain itu tempat yang diterangkan dapat berupa tempat yang nampak atau tempat abstrak dalam bahasa arab kata tempat ini tergolong sebagai kata benda.

5. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْبَدْوِ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

Pemakaian kata dasar ب د و pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

مَّا لاَ يُبْدُونَ لَكَ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا Ali-Imran 154

 

وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا An-Nuur 31
وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ لِبُعُولَتِهِن An-Nuur 31

 

فَأَسَرَّهَا يُوسُفُ فِي نَفْسِهِ وَلَمْ يُبْدِهَا لَهُمْ Yusuf 77

 

وَبَدَا لَهُم مِّنَ اللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا يَحْتَسِبُونَ Az-Zumar 47
وَبَدَا لَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا كَسَبُوا Az-Zumar 48

 

وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ الَّذِي جَعَلْنَاهُ لِلنَّاسِ سَوَاء الْعَاكِفُ فِيهِ وَالْبَادِ Al-Hajj 25

 

وَهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُونَهُ قَرَاطِيسَ تُبْدُونَهَا وَتُخْفُونَ كَثِيرًا Al-An'aam 91

 

وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ Al-Baqarah 33
وَاللّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ Al-Maidah 99
مَتَاعٌ لَّكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ An-Nuur 29

 

قُلْ إِن تُخْفُواْ مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللّهُ Ali-Imran 29

 

إِن تُبْدُواْ الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ Al-Baqarah 271
وَإِن تُبْدُواْ مَا فِي أَنفُسِكُمْ Al-Baqarah 284
إِن تُبْدُواْ خَيْرًا أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُواْ عَن سُوَءٍ An-Nisa 149
إِن تُبْدُوا شَيْئًا أَوْ تُخْفُوهُ Al-Ahzab 54

 

وَإِن تَسْأَلُواْ عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ الْقُرْآنُ تُبْدَ لَكُمْ Al-Maidah 101
إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ Al-Maidah 101

 

وَاتَّقِ اللَّهَ وَتُخْفِي فِي نَفْسِكَ مَا اللَّهُ مُبْدِيهِ Al-Ahzab 37

 

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِن سَوْءَاتِهِمَا Al-A'raaf 20

 

إِن كَادَتْ لَتُبْدِي بِهِ Al-Qashash 10

 

ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ Al-Hadiid 27

 

فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا Thaahaa 121

 

يَوَدُّوا لَوْ أَنَّهُم بَادُونَ فِي الْأَعْرَابِ Al-Ahzab 20

 

اتَّبَعَكَ إِلاَّ الَّذِينَ هُمْ أَرَاذِلُنَا بَادِيَ الرَّأْيِ Huud 27

 

قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاء مِنْ أَفْوَاهِهِمْ Ali-Imran 118

 

فَدَلاَّهُمَا بِغُرُورٍ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَاتُهُمَا Al-A'raaf 22

 

إِذْ أَخْرَجَنِي مِنَ السِّجْنِ وَجَاءَ بِكُم مِّنَ الْبَدْوِ Yusuf 100