Huud ayat ke 105 |
| ||
Kajian kata | بِإِذْنِهِۦ pada surat Huud ayat ke 105 | Bacaan dalam tulisan arab latin | bi-idznihi |
Jenis kata | kata benda atau sifat | |
Arti kata بِإِذْنِهِۦ | dengan izinnya | |
Jumlah pemakaian | kata بِإِذْنِهِۦ dalam AlQuran dipakai sebanyak 9 kali | |
Kata بِإِذْنِهِۦ tersusun dari kata dasar dengan suku kata | ا ذ ن | |
huruf pertama k1=ا , huruf kedua k2=ذ, dan huruf ketiga k3=ن | ||
Makna dari kata dasar ا ذ ن : | Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kuping, tongkol, bulir, izin, keizinan, permisi, rela, lisensi, surat izin, kebebasan, brevet, penyalahgunaan kebebasan, hal mengabaikan adat, urutan, pesanan, pesan, perintah, orde, susunan, tertib, ketertiban, tata, tata tertib, ketenteraman, suruhan, golongan, jenis, kerapian, medali, pangkat, rodi, antaran, bestel, tanda jasa, peraturan rapat, acara, urut-urutan, cuti, perlop, kesopanan, rasa hormat, budi bahasa, kebaikan, adab, kesopan-santunan, basa-basi, penyeretan, pengangkatan, pembawaan, kemudian, sesudah itu, maka, lalu, setelah itu, waktu itu, pun, terus, hatta, tambahan pula, tambahan lagi, tambahan Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna mengizinkan, memberi lisensi, memberi izin, memberi surat izin, memesan, memerintahkan, memerintah, mengatur, menyusun, berpesan, suruh, menyuruh, pesankan (Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya). Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna. | |
Jumlah pemakaian pola dasar ا ذ ن dalam AlQuran | 110 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 70 kali, dipakai kata kerja sebanyak 40 kali | |
Kajian kata بِإِذْنِهِۦ ditinjau dari aspek tatabahasa : | 1. kata benda : kata بِإِذْنِهِۦ termasuk dalam jenis kata benda. adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang. 2. imbuan : kata بِإِذْنِهِۦ ini memiliki imbuan bi ( بِ ). imbuan bi ( بِ ) ini dapat berarti dengan, untuk, agar, kepada, merupakan. imbuan bi ( بِ ) ini jika diikuti kata yang memiliki kata dasar yang bisa ditasrifkan maka akan mengakibatkan konsonan_k3 berupa kasrah (i) jika bi ( بِ ) ini tidak akan memiliki pengaruh jika diikuti oleh kata tergolong dalam kata harf. imbuan bi ( بِ ) ini hanya dipakai untuk kata benda dan harf saja. 3. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata بِإِذْنِهِۦ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah. 4. diikuti kata ganti kepemilikan : kata بِإِذْنِهِۦ ini memiliki kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal. adapun kata gantinya untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ ) , hal ini karena ada kata yang ada didepannya yang menyebabkan kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ ) |
Pemakaian kata dasar ا ذ ن pada AlQuran
Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya
 
وَلَهُمْ آذَانٌ لاَّ يَسْمَعُونَ بِهَا | Al-A'raaf 179 | ![]() |
أَمْ لَهُمْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا | Al-A'raaf 195 | |
يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لاَ تَعْمَى الْأَبْصَارُ | Al-Hajj 46 |
 
 
 
 
 
 
قَالَ فِرْعَوْنُ آمَنتُم بِهِ قَبْلَ أَن آذَنَ لَكُمْ | Al-A'raaf 123 | ![]() |
قَالَ آمَنتُمْ لَهُ قَبْلَ أَنْ آذَنَ لَكُمْ | Thaahaa 71 | |
قَالَ آمَنتُمْ لَهُ قَبْلَ أَنْ آذَنَ لَكُمْ | Asy-Syu'araa' 49 |
 
ثُمَّ لاَ يُؤْذَنُ لِلَّذِينَ كَفَرُواْ وَلاَ هُمْ يُسْتَعْتَبُون | An-Nahl 84 | ![]() |
وَلاَ يُؤْذَنُ لَهُمْ فَيَعْتَذِرُون | Al-Mursalaat 36 |
 
حَتَّى يُؤْذَنَ لَكُمْ وَإِن قِيلَ لَكُمُ ارْجِعُوا فَارْجِعُوا | An-Nuur 28 | ![]() |
إِلاَّ أَن يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَى طَعَامٍ غَيْرَ نَاظِرِينَ | Al-Ahzab 53 |
 
إِنَّمَا السَّبِيلُ عَلَى الَّذِينَ يَسْتَأْذِنُون وَهُمْ أَغْنِيَاء رَضُواْ | At-Taubah 93 | ![]() |
إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَأْذِنُون أُوْلَئِكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ | An-Nuur 62 |
 
 
لاَ يَسْتَأْذِنُكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ | At-Taubah 44 | ![]() |
إِنَّمَا يَسْتَأْذِنُكَ الَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ | At-Taubah 45 |
 
حَتَّىَ يَأْذَنَ لِي أَبِي أَوْ يَحْكُمَ اللّهُ لِي | Yusuf 80 | ![]() |
إِلاَّ مِن بَعْدِ أَن يَأْذَنَ اللَّهُ لِمَن يَشَاءُ وَيَرْضَى | An-Najm 26 |
 
 
 
 
 
 
 
 
وَمِنْهُمُ الَّذِينَ يُؤْذُونَ النَّبِيَّ وَيِقُولُونَ هُوَ أُذُنٌ | At-Taubah 61 | ![]() |
لِنَجْعَلَهَا لَكُمْ تَذْكِرَةً وَتَعِيَهَا أُذُنٌ وَاعِيَةٌ | Al-Haaqqah 12 |
 
 
 
 
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكَ لَيَبْعَثَنَّ عَلَيْهِمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ | Al-A'raaf 167 | ![]() |
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُم | Ibrahim 7 |
 
قَالُواْ نَعَمْ فَأَذَّنَ مُؤَذِّنٌ بَيْنَهُمْ | Al-A'raaf 44 | ![]() |
ثُمَّ أَذَّنَ مُؤَذِّنٌ أَيَّتُهَا الْعِيرُ إِنَّكُمْ لَسَارِقُونَ | Yusuf 70 |
 
 
 
 
 
 
 
 
 
فَبِإِذْنِ اللّهِ وَلِيَعْلَمَ الْمُؤْمِنِينَ | Ali-Imran 166 | ![]() |
فَبِإِذْنِ اللَّهِ وَلِيُخْزِيَ الْفَاسِقِينَ | Al-Hasyr 5 |