<<<==ayat berikutnya

Huud ayat ke 97

ayat sebelumnya ===>>


إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَإِي۟هِۦ فَٱتَّبَعُوٓا۟ أَمْرَ فِرْعَوْنَ وَمَآ أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ

Kajian kata

بِرَشِيدٍ pada surat Huud ayat ke 97

Bacaan dalam tulisan arab latin birasyîdin
Arti kata بِرَشِيدٍ dengan petujuk paling benar
Jumlah pemakaian kata بِرَشِيدٍ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata بِرَشِيدٍ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ر ش د
huruf pertama k1=ر , huruf kedua k2=ش, dan huruf ketiga k3=د
Makna dari kata dasar ر ش د :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna alasan, sebab, akal, budi, karena, akal budi, lantaran, argumen, pokok, pertimbangan yg sehat, kebijaksanaan, keleluasaan, kebebasan bertindak, hal berhati-hati

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna berunding, bermusyawarah, mempunyai akal, dpt berpikir, merasionalisasikan, menguraikan dgn cara yg diterima, mencari-cari alasan, mencari-cari dalih, memikir-mikir

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ر ش د dalam AlQuran 19 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 18 kali, dipakai kata kerja sebanyak 1 kali

Kajian kata بِرَشِيدٍ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata بِرَشِيدٍ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. gender laki-laki : kata بِرَشِيدٍ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

3. imbuan : kata بِرَشِيدٍ ini memiliki imbuan bi ( بِ ). imbuan bi ( بِ ) ini dapat berarti dengan, untuk, agar, kepada, merupakan. imbuan bi ( بِ ) ini jika diikuti kata yang memiliki kata dasar yang bisa ditasrifkan maka akan mengakibatkan konsonan_k3 berupa kasrah (i) jika bi ( بِ ) ini tidak akan memiliki pengaruh jika diikuti oleh kata tergolong dalam kata harf. imbuan bi ( بِ ) ini hanya dipakai untuk kata benda dan harf saja.

4. kata yang memiliki makna sangat : kata بِرَشِيدٍ ini memiliki makna sangat atau maha dicirikan dengan adanya huruf kasrah panjang atau huruf dhomah panjang yang ada pada konsonan ke 2 (k2). kata ini jika diawali dengan kata sandang al ( اَل ) sering (dalam artian tidak selalu) digunakan untuk menerangkan sifat tuhan pencipta, pemelihara dan raja seluruh alam semesta. adapun jika tidak diawali dengan kata sandang al ( اَل ) maka hanya digunakan untuk menerangkan sifat dari yang ada di alam saja.

5. kata benda berakhiran tanwin (n) : kata بِرَشِيدٍ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran dengan tanwin ini dapat memiliki akhiran an,in atau un. untuk kata ini akhirannya adalah in. bentuk akhiran (apakah an,in atau un) ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran ini ditujukan untuk menujuk kata benda tunggal sembarang atau yang mana saja.tetapi dapat juga digunakan untuk menerangkan suatu kata benda jamak yang tidak beraturan. hal ini tergantung pada kata yang digunakan

Pemakaian kata dasar ر ش د pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

فَلْيَسْتَجِيب لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ Al-Baqarah 186

 

فَإِنْ آنَسْتُم مِّنْهُمْ رُشْدًا An-Nisa 6
عَلَى أَن تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا Al-Kahfi 66

 

وَلَقَدْ آتَيْنَا إِبْرَاهِيمَ رُشْدَهُ مِن قَبْلُ وَكُنَّا بِه عَالِمِينَ Al-Anbiyaa' 51

 

أَلَيْسَ مِنكُمْ رَجُلٌ رَّشِيدٌ Huud 78

 

وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا Al-Kahfi 10
رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَدًا Al-Kahfi 24
أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا Al-Jinn 10
فَمَنْ أَسْلَمَ فَأُوْلَئِكَ تَحَرَّوْا رَشَدًا Al-Jinn 14
قُلْ إِنِّي لاَ أَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَلاَ رَشَدًا Al-Jinn 21

 

وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا Al-Kahfi 17

 

وَمَا أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ Huud 97

 

وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُوْلَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ Al-Hujuraat 7

 

إِنَّكَ لَأَنتَ الْحَلِيمُ الرَّشِيدُ Huud 87

 

 

قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ Al-Baqarah 256

 

وَإِن يَرَوْاْ سَبِيلَ الرُّشْدِ لاَ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلاً Al-A'raaf 146
يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ Al-Jinn 2