<<<==ayat berikutnya

Yunus ayat ke 100

ayat sebelumnya ===>>

وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَن تُؤْمِنَ إِلَّا بِإِذْنِ الـلَّـهِ وَيَجْعَلُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يَعْقِلُونَ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

ٱلرِّجْسَ pada surat Yunus ayat ke 100

Bacaan dalam tulisan arab latin a(l)rrijsa
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata ٱلرِّجْسَ kekejian
Jumlah pemakaian kata ٱلرِّجْسَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 4 kali
Kata ٱلرِّجْسَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ر ج س
huruf pertama k1=ر , huruf kedua k2=ج, dan huruf ketiga k3=س
Makna dari kata dasar ر ج س :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kekejaman, kejahatan, kekasaran, kotoran, kecemaran, sampah, najis, buangan, kekejian, ketidaksopanan, kejorokan, kejembelan, keadaan terlantar

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menjadi kotor

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ر ج س dalam AlQuran 10 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 10 kali
Pola dasar ر ج س dalam AlQuran hanya dipakai untuk bentuk kata benda saja, dalam AlQuran untuk pola dasar ini tidak digunakan sebagai kata kerja

Kajian kata : 3 ٱلرِّجْسَ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلرِّجْسَ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلرِّجْسَ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda abstrak : kata ٱلرِّجْسَ ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلرِّجْسَ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

5. predikat dari objek : kata وَيَجْعَلُ merupakan kata kerja yang digunakan sebagai predikat dari objek الرِّجْسَ

6. objek : kata الرِّجْسَ ini merupakan objek dari predikat yang berupa kata وَيَجْعَلُ

Pemakaian kata dasar ر ج س pada AlQuran

(haruf arab yang berwarna biru dibawah bisa diKLIK untuk dirujukkan ke ayat terkait)

ٱلرِّجْسَرِجْسِهِمْرِجْسٌرِجْسًا


Kata serumpun dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا۟ وَهُمْ كَٰفِرُونَ
maka (ia) menambah mereka kekejian pada/disamping kekejian mereka dan (mereka) mati dan mereka orang-orang yang telah kafir
At-Taubah:125رِجْسًا
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ
wahai orang-orang yang (mereka) beriman sesungguhnya hanyalah minuman keras dan judi dan berhala-berhala dan mengundi nasib dengan anak panah kekejian
Al-Maidah:90رِجْسٌ
فَأَعْرِضُوا۟ عَنْهُمْ إِنَّهُمْ رِجْسٌ وَمَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ
maka (kalian[lk]) berpalinglah dari mereka sesungguhnya mereka kekejian dan tempat mereka neraka jahanam
At-Taubah:95
قَالَ قَدْ وَقَعَ عَلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ رِجْسٌ
mengatakan sungguh telah terjadi atas kalian dari tuhan kalian kekejian
Al-A'raaf:71
فَإِنَّهُۥ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ الـلَّـهِ بِهِۦ
maka sesungguhnya kekejian (mereka) mengetahui kefasikan/kejahatan disembelih selain Allah dengannya
Al-An'aam:145
فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلَىٰ رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا۟ وَهُمْ كَٰفِرُونَ
maka (ia) menambah mereka kekejian pada/disamping kekejian mereka dan (mereka) mati dan mereka orang-orang yang telah kafir
At-Taubah:125رِجْسِهِمْ
كَذَٰلِكَ يَجْعَلُ الـلَّـهُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ
demikianlah (ia) menjadikan (kt sedang/akan) Allah kekejian atas/terhadap orang-orang yang tidak beriman
Al-An'aam:125ٱلرِّجْسَ
وَيَجْعَلُ ٱلرِّجْسَ عَلَى ٱلَّذِينَ لَا يَعْقِلُونَ
dan menjadikan/timpakan kekejian atas/terhadap orang-orang yang tidak menggunakan akal
Yunus:100
فَٱجْتَنِبُوا۟ ٱلرِّجْسَ مِنَ ٱلْأَوْثَٰنِ وَٱجْتَنِبُوا۟ قَوْلَ ٱلزُّورِ
maka jauhilah kekejian dari berhala-berhala dan jauhilah perkataan dusta
Al-Hajj:30
إِنَّمَا يُرِيدُ الـلَّـهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
sesungguhnya dikehendaki Allah agar dihilangkan dari kamu kekejian ahlul/ahli rumah/baitullah dan sungguh-sungguh akan mensucikan kalian[lk] sesuci-sucinya
Al-Ahzab:33
إِنَّمَا يُرِيدُ الـلَّـهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ ٱلرِّجْسَ أَهْلَ ٱلْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
sesungguhnya dikehendaki Allah agar dihilangkan dari kamu kekejian ahlul/ahli rumah/baitullah dan sungguh-sungguh akan mensucikan kalian[lk] sesuci-sucinya
Al-Ahzab:33