<<<==ayat berikutnya

At-Taubah ayat ke 107

ayat sebelumnya ===>>

وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا۟ مَسْجِدًا ضِرَارًا وَكُفْرًا وَتَفْرِيقًۢا بَيْنَ الْمُؤْمِنِينَ وَإِرْصَادًا لِّمَنْ حَارَبَ الـلَّـهَ وَرَسُولَهُۥ مِن قَبْلُ وَلَيَحْلِفُنَّ إِنْ أَرَدْنَآ إِلَّا الْحُسْنَىٰ وَالـلَّـهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَٰذِبُونَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata وَرَسُولَهُۥ pada surat At-Taubah ayat ke 107
Bacaan dalam tulisan arab latin warasûlahu
Arti kata warasûlahu ( ورسوله )dan rasul-nya
Jumlah pemakaian kata ورسوله23 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kataوَرَسُولَهُۥ tersusun dari suku kata ر-س-ل

Penggunaan kata dasar ر-س-ل ini pada AlQuran ada di sini

Makna dari kata dasar ر-س-ل Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata pesuruh, suruhan, caraka, utusan, duta, wakil, pengabar, loper, pengantar, nabi, rasul, tukang ramal, bentara, pewarta, penyiar, guru suatu ajaran, upas.
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata mengutus, memperjanjikan, menyuruh, mengabarkan, mengantar, mengantarkan, menyiarkan.
Kajian kata وَرَسُولَهُۥ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 gender laki-laki : kata وَرَسُولَهُۥ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

2 imbuan : imbuan wa ( وَ ) yang ada pada kata ini dapat berarti dan, beserta, atau dapat pula berarti demi. jika kata wa ( وَ ) ini diapit oleh dua buah kata benda, atau dua buah kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti dan. adapun jika tidak diapit oleh dua buah kata benda,kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti demi.

3 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata وَرَسُولَهُۥ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah a (fatchah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran a (fatchah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran fatchah.

Disclaimer / penafian