<<<==ayat berikutnya

Al-A'raaf ayat ke 146

ayat sebelumnya ===>>


سَأَصْرِفُ عَنْ ءَايَٰتِىَ ٱلَّذِينَ يَتَكَبَّرُونَ فِى ٱلْأَرْضِ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ وَإِن يَرَوْا۟ كُلَّ ءَايَةٍ لَّا يُؤْمِنُوا۟ بِهَا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلْغَىِّ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا وَكَانُوا۟ عَنْهَا غَٰفِلِينَ

Kajian kata

ٱلرُّشْدِ pada surat Al-A'raaf ayat ke 146

Bacaan dalam tulisan arab latin a(l)rrusydi
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata ٱلرُّشْدِ kebenaran
Jumlah pemakaian kata ٱلرُّشْدِ dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata ٱلرُّشْدِ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ر ش د
huruf pertama k1=ر , huruf kedua k2=ش, dan huruf ketiga k3=د
Makna dari kata dasar ر ش د :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna alasan, sebab, akal, budi, karena, akal budi, lantaran, argumen, pokok, pertimbangan yg sehat, kebijaksanaan, keleluasaan, kebebasan bertindak, hal berhati-hati

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna berunding, bermusyawarah, mempunyai akal, dpt berpikir, merasionalisasikan, menguraikan dgn cara yg diterima, mencari-cari alasan, mencari-cari dalih, memikir-mikir

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ر ش د dalam AlQuran 19 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 18 kali, dipakai kata kerja sebanyak 1 kali

Kajian kata ٱلرُّشْدِ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلرُّشْدِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلرُّشْدِ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda abstrak : kata ٱلرُّشْدِ ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

4. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلرُّشْدِ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

Pemakaian kata dasar ر ش د pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

فَلْيَسْتَجِيب لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ Al-Baqarah 186

 

فَإِنْ آنَسْتُم مِّنْهُمْ رُشْدًا An-Nisa 6
عَلَى أَن تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا Al-Kahfi 66

 

وَلَقَدْ آتَيْنَا إِبْرَاهِيمَ رُشْدَهُ مِن قَبْلُ وَكُنَّا بِه عَالِمِينَ Al-Anbiyaa' 51

 

أَلَيْسَ مِنكُمْ رَجُلٌ رَّشِيدٌ Huud 78

 

وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا Al-Kahfi 10
رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَدًا Al-Kahfi 24
أَمْ أَرَادَ بِهِمْ رَبُّهُمْ رَشَدًا Al-Jinn 10
فَمَنْ أَسْلَمَ فَأُوْلَئِكَ تَحَرَّوْا رَشَدًا Al-Jinn 14
قُلْ إِنِّي لاَ أَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَلاَ رَشَدًا Al-Jinn 21

 

وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا Al-Kahfi 17

 

وَمَا أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ Huud 97

 

وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُوْلَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ Al-Hujuraat 7

 

إِنَّكَ لَأَنتَ الْحَلِيمُ الرَّشِيدُ Huud 87

 

 

قَد تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ Al-Baqarah 256

 

وَإِن يَرَوْاْ سَبِيلَ الرُّشْدِ لاَ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلاً Al-A'raaf 146
يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ Al-Jinn 2