Al-Quran Online ini, ajakan untuk mendalami AlQuran sambil mencari ridho dan cinta Allah semata
<<<==ayat berikutnya

Al-AXraaf ayat ke 57

ayat sebelumnya ===>>

وَهُوَ الَّذِى يُرْسِلُ الرِّيَٰحَ بُشْرًۢا بَيْنَ يَدَىْ رَحْمَتِهِۦ حَتَّىٰٓ إِذَآ أَقَلَّتْ سَحَابًا ثِقَالًا سُقْنَٰهُ لِبَلَدٍ مَّيِّتٍ فَأَنزَلْنَا بِهِ الْمَآءَ فَأَخْرَجْنَا بِهِۦ مِن كُلِّ الثَّمَرَٰتِ كَذَٰلِكَ نُخْرِجُ الْمَوْتَىٰ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Setiap Huruf arab ini dapat diklik untuk diperdalam maknanya

Kajian kata كُلِّ pada surat 7.Al-AXraaf ayat ke 57
Juz ke : 8 Halaman : 157 Baris ke : 14 pada mushaf Quran Madinah
Bacaan dalam tulisan arab latin kulli
Arti kata kulli ( كل )setiap
Jumlah pemakaian kata كُلِّ123 kali. Rinciannya ada disini
Kata dasar dari kata كُلِّ tersusun dari suku kata ك-ل-ل

Penggunaan kata dasar ك-ل-ل ini pada AlQuran ada di sini

Jumlah pemakaian pola kata
ك-ل-ل pada AlQuran
410 kali.

Dipakai untuk kata benda sebanyak : 410 kali. Rinciannya ada disini

Jumlah variasi pemakaian kata dasar ك-ل-ل pada AlQuran39 macam. Rinciannya ada disini
Makna dari kata dasar ك-ل-ل Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kata tajuk, puncak, kejuaraan, kepala gigi, lambang kekuasaan raja, bagian atas pohon, bagian atas topi, akhir, karangan bunga, kalung bunga, untai, ulang-ulang, ubun-ubun.
Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna kata memahkotai, menobatkan, menghias dgn karangan bunga, mentakhtakan, menyelubungi, mengelilingi, melingkari, diliputi senyum, mengarunia, memukul pd kepala, pasangkan.
Kajian kata كُلِّ ditinjau dari aspek tata bahasa :

1 kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata كُلِّ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

2 Memiliki kata depan : kata كُلِّ ini berakhiran kasrah, karena diawali dengan kata depan ( مِن )

3 Mudhaf : Merupakan kata kepemilikan yaitu sesuatu yang dimiliki, dalam hal ini kata كُلِّ merupakan sesuatu yang dimiliki oleh kata berikutnya (mudhaf ilaih) yaitu الثَمَرَٰتِ. Sehingga gabungan dari kataكُلِّ الثَمَرَٰتِ bermakna setiap (nya) buah-buahan

Disclaimer / penafian