An-Nisa ayat ke 77 |
| | |
Mahir al-Mu'aiqly |
Kajian kata | تُظْلَمُونَ pada surat An-Nisa ayat ke 77 | Bacaan dalam tulisan arab latin | tudhlamûna |
Jenis kata | kata kerja pasif bentuk sedang akan | |
Arti kata تُظْلَمُونَ | kamu dianiaya | |
Jumlah pemakaian | kata تُظْلَمُونَ dalam AlQuran dipakai sebanyak 4 kali | |
Kata تُظْلَمُونَ tersusun dari kata dasar dengan suku kata | ظ ل م | |
huruf pertama k1=ظ , huruf kedua k2=ل, dan huruf ketiga k3=م | ||
Makna dari kata dasar ظ ل م : | Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna aniaya, kelaliman, kebengisan, perbuatan salah, ketidaksusilaan, penindasan, tekanan, penekanan, tindasan, kezaliman, tindihan, perasaan tertekan, pencekikan, ketidaksamaan, ketidaksamarataan, ketidakrataan, pemerasan, pengisapan, kesalahan, kejahatan, penyalahgunaan, siksaan, perlakuan kejam, makian, caci maki, dampratan, umpatan, salah pakai, usikan, umpat, damprat, perlakuan yg tdk wajar, perlakuan yg tdk pantas, bayangan, bayang, cerminan, naungan, kesuraman, naung, tanda, senja, hantu, senja kala, kesedihan, jumlah sedikit, kegelapan, kemurungan, kekelaman, zulmat, gerhana, kemunduran, hilangnya reputasi, penggilingan, seseorang yg tekun dlm belajar, pengiring tetap, hal yg tdk adil. Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna melukai hati, menindas, menekan, menindih, membebani, mencekik, menimbulkan perasaan tertekan, menyesakkan, menyalahgunakan, memanfaatkan, mencaci, memaki, mencaci maki, mendamprat, memperkejikan, memperlakukan dgn kejam, mengkhianati, menggelapkan, mengelamkan, membayang, merajalela, bersimaharajalela, menyalahgunakan kekuasaan, bertindak dgn sewenang-wenang, membayangi, membuntuti, menaungi, melindungi, menjadi murung, meramalkan, menggiling, menggilas, melindas, memipis, menumbuk, membubuk, mengasah, menghafal, menggertakkan, mengisarkan, memutar, memutarkan, menghafalkan, menggosok-gosokkan, penggilingan, seorang yg tekun dlm belajar, menginjak-injakkan, melebihi, memudarkan, jauh melebihi, menyebabkan kurang penting, membuat bersedih hati, mengikuti secara diam-diam, menyilamkan, mulai gelap, memperlakukan secara tdk adil, memburukkan tanpa alasan, menjadi gelap. (Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya). Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna. | |
Jumlah pemakaian pola dasar ظ ل م dalam AlQuran | 315 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 202 kali, dipakai kata kerja sebanyak 113 kali | |
Kajian kata تُظْلَمُونَ ditinjau dari aspek makna : | adapun untuk pola kata pertama seperti ini memiliki makna:
bentuk ini merupakan bentuk dari kata dasar yang dipakai dalam bahasa arab. serta yang dijadikan rujukan dalam penyusunan urutan kata yang dipakai pada kamus bahasa arab. | |
Kajian kata تُظْلَمُونَ ditinjau dari aspek tatabahasa : | 1. kata kerja : kata تُظْلَمُونَ merupakan bentuk kata kerja. dalam bahasa arab kata kerja dibedakan bentuk lampau, bentuk sedang atau akan terjadi dan bentuk perintah. jadi kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung dari waktu kejadiannya. selain itu dalam bahasa arab kata kerja ini bentuk dan formatnya tergantung juga pada pelakunya 2. bentuk sedang / akan : kata تُظْلَمُونَ merupakan bentuk kata kerja yang sedang atau akan terjadi. 3. kata kerja pasif : kata تُظْلَمُونَ ini tergolong dalam bentuk kata kerja pasif, artinya subyeknya dilakukan pekerjaan 4. obyek pelaku : kata تُظْلَمُونَ merupakan kerja pasif ini yang menerangkan aktivitas yang sedang/akan berlangsung obyek pelakunya adalah orang kedua jamak laki-laki. atau dilakukan kepada orang kedua jamak laki-laki. adapun kata ini menggunakan akhiran ûna pada kosonan k3 5. kata bukan atau tidak : dalam kondisi ini kata sebelumnya yaitu وَلاَ digunakan untuk memberitahukan kondisi sebaliknya dari kata تُظْلَمُونَ (yaitu menyatakan bukan تُظْلَمُونَ ). ciri kata وَلاَ yang digunakan untuk menyatakan bukan hal ini dikenal dengan cara melihat konsonan_k3 dari kata تُظْلَمُونَ adalah konsonan_k3 tidak bersukun atau tidak kehilangan hurun nun untuk jamak una. perlu diketahui bahwa kata وَلاَ dapat digunakan untuk mengatakan jangan dan untuk mengatakan tidak atau bukan. dalam kondisi ini وَلاَ digunakan untuk menyatakan bukan. |
Pemakaian kata dasar ظ ل م pada AlQuran
Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya
 
 
 
إِنَّ اللّهَ لاَ يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ | An-Nisa 40 | ![]() | إِنَّ اللّهَ لاَ يَظْلِمُ النَّاسَ شَيْئًا | Yunus 44 | وَلاَ يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا | Al-Kahfi 49 |
 
وَمَن يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ | An-Nisa 110 | ![]() | وَمَن يَظْلِم مِّنكُمْ نُذِقْهُ عَذَابًا كَبِيرًا | Al-Furqon 19 |
 
 
 
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ وَظَلَمُواْ لَمْ يَكُنِ اللّهُ | An-Nisa 168 | ![]() | فَقَالُوا رَبَّنَا بَاعِدْ بَيْنَ أَسْفَارِنَا وَظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ | Saba' 19 |
 
 
 
 
وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلاَ تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا | Al-Anbiyaa' 47 | ![]() | فَالْيَوْمَ لاَ تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا | YaaSiin 54 |
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
فَظَلَمُواْ بِهَا فَانظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُفْسِدِينَ | Al-A'raaf 103 | ![]() | وَآتَيْنَا ثَمُودَ النَّاقَةَ مُبْصِرَةً فَظَلَمُواْ بِهَا | Al-Isra 59 |
 
 
 
 
إِنَّ الَّذِينَ تَوَفَّاهُمُ الْمَلآئِكَةُ ظَالِمِي أَنْفُسِهِمْ | An-Nisa 97 | ![]() | الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلائِكَةُ ظَالِمِي أَنفُسِهِمْ | An-Nahl 28 |
 
وَدَخَلَ جَنَّتَهُ وَهُوَ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ | Al-Kahfi 35 | ![]() | فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ | Faathir 32 |
 
 
 
فِيهِ ظُلُمَاتٌ وَرَعْدٌ وَبَرْقٌ | Al-Baqarah 19 | ![]() | مِّن فَوْقِهِ سَحَابٌ ظُلُمَاتٌ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍ | An-Nuur 40 |
 
وَتَرَكَهُمْ فِي ظُلُمَاتٍ لاَّ يُبْصِرُونَ | Al-Baqarah 17 | ![]() | مِن بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلَاثٍ | Az-Zumar 6 |
 
 
 
فَمَن تَابَ مِن بَعْدِ ظُلْمِهِ وَأَصْلَحَ | Al-Maidah 39 | ![]() | وَلَمَنِ انتَصَرَ بَعْدَ ظُلْمِهِ | Asy-Syuura 41 |
 
 
 
 
 
 
وَمَا ظَلَمُونَا | Al-Baqarah 57 | ![]() | وَمَا ظَلَمُونَا وَلَـكِن كَانُواْ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ | Al-A'raaf 160 |
 
 
يَاقَوْمِ إِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ أَنفُسَكُمْ | Al-Baqarah 54 | ![]() | وَلَن يَنفَعَكُمُ الْيَوْمَ إِذ ظَّلَمْتُمْ أَنَّكُمْ فِي الْعَذَابِ مُشْتَرِكُونَ | Az-Zukhruf 39 |
 
 
 
 
 
 
وَمَا ظَلَمَهُمُ اللّهُ وَلَـكِنْ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ | Ali-Imran 117 | ![]() | كَذَلِكَ فَعَلَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَمَا ظَلَمَهُمُ اللّهُ | An-Nahl 33 |
 
 
 
فَقَالُواْ أَرِنَا اللّهِ جَهْرَةً فَأَخَذَتْهُمُ الصَّاعِقَةُ بِظُلْمِهِمْ | An-Nisa 153 | ![]() | وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللّهُ النَّاسَ بِظُلْمِهِم مَّا تَرَكَ عَلَيْهَا مِن دَآبَّةٍ | An-Nahl 61 |
 
 
 
 
 
 
 
وَإِذَا أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُواْ | Al-Baqarah 20 | ![]() | إِنَّهُمْ كَانُوا هُمْ أَظْلَمَ وَأَطْغَى | An-Najm 52 |
 
 
 
 
 
 
أَمْ هَلْ تَسْتَوِي الظُّلُمَاتُ وَالنُّورُ أَمْ جَعَلُواْ لِلّهِ شُرَكَاءَ | Arraad 16 | ![]() | وَلاَ الظُّلُمَاتُ وَلاَ النُّورُ | Faathir 20 |
 
 ext-decoration: none" title="kegelapan ">الظُّلُمَاتِ أَن لَّا إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ