<<<==ayat berikutnya

An-Nisa ayat ke 59

ayat sebelumnya ===>>


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ الـلَّـهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى الـلَّـهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِالـلَّـهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Kajian kata

تَأْوِيلًا pada surat An-Nisa ayat ke 59

Bacaan dalam tulisan arab latin ta-wîlân
Arti kata تَأْوِيلًا kesudahan/akibatnya
Jumlah pemakaian kata تَأْوِيلًا dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata تَأْوِيلًا tersusun dari kata dasar dengan suku kata ا و ل
huruf pertama k1=ا , huruf kedua k2=و, dan huruf ketiga k3=ل
Makna dari kata dasar ا و ل :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna utama, terpenting, induk, kepala, ketua, hop, sep, bekas, eks, ex, sediakala, dongkol, yg terlebih dahulu, yg tadi, pertama, perdana menteri, ke depan, terlebih dahulu, terutama, terkemuka, terdepan, terdahulu, pertama-tama, mula-mula, dulu, duluan, mulanya, semula, pd awalnya, huruf awal, awal, depan, muka, di muka, bagian depan, paling terkenal, yg mutunya tertinggi, persneling satu.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna memaraf, menulis huruf awal namanya.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ا و ل dalam AlQuran 17 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 17 kali

Kajian kata تَأْوِيلًا ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata تَأْوِيلًا termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. kata yang memiliki makna sangat : kata تَأْوِيلًا ini memiliki makna sangat atau maha dicirikan dengan adanya huruf kasrah panjang atau huruf dhomah panjang yang ada pada konsonan ke 2 (k2). kata ini jika diawali dengan kata sandang al ( اَل ) sering (dalam artian tidak selalu) digunakan untuk menerangkan sifat tuhan pencipta, pemelihara dan raja seluruh alam semesta. adapun jika tidak diawali dengan kata sandang al ( اَل ) maka hanya digunakan untuk menerangkan sifat dari yang ada di alam saja.

3. kata sifat untuk penekanan : kata ini memiliki bentuk kata penekanan dengan dicirikan adanya imbuan ân pada konsonan_k3

Pemakaian kata dasar ا و ل pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً An-Nisa 59
الْمُسْتَقِيمِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً Al-Isra 35

 

هَلْ يَنظُرُونَ إِلاَّ تَأْوِيلَهُ يَوْمَ يَأْتِي تَأْوِيلُهُ Al-A'raaf 53
وَلَمَّا يَأْتِهِمْ تَأْوِيلُهُ كَذَلِكَ كَذَّبَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ Yunus 39

 

وَقَالَ يَاأَبَتِ هَـذَا تَأْوِيلُ رُؤْيَايَ مِن قَبْلُ Yusuf 100
وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ Al-Kahfi 82

 

وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلاَّ اللّهُ Ali-Imran 7

 

وَكَذَلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ Yusuf 6
وَلِنُعَلِّمَه مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ وَاللّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ Yusuf 21
وَعَلَّمْتَنِي مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ Yusuf 101

 

وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلاَّ اللّهُ Ali-Imran 7
هَلْ يَنظُرُونَ إِلاَّ تَأْوِيلَهُ يَوْمَ يَأْتِي تَأْوِيلُهُ Al-A'raaf 53

 

تَأْكُلُ الطَّيْرُ مِنْهُ نَبِّئْنَا بِتَأْوِيلِهِ Yusuf 36
قَالَ لاَ يَأْتِيكُمَا طَعَامٌ تُرْزَقَانِهِ إِلاَّ نَبَّأْتُكُمَا بِتَأْوِيلِهِ Yusuf 37
أَنَاْ أُنَبِّئُكُم بِتَأْوِيلِهِ فَأَرْسِلُونِ Yusuf 45

 

قَالُواْ أَضْغَاثُ أَحْلاَمٍ وَمَا نَحْنُ بِتَأْوِيلِ الأَحْلاَمِ بِعَالِمِينَ Yusuf 44
سَأُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيلِ مَا لَمْ تَسْتَطِع عَّلَيْهِ صَبْرًا Al-Kahfi 78