<<<==ayat berikutnya

Ali-Imran ayat ke 191

ayat sebelumnya ===>>


ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ الـلَّـهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Kajian kata

وَقُعُودًا pada surat Ali-Imran ayat ke 191

Bacaan dalam tulisan arab latin waqu'ûdan
Arti kata وَقُعُودًا dan tempat-tempat duduk
Jumlah pemakaian kata وَقُعُودًا dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata وَقُعُودًا tersusun dari kata dasar dengan suku kata ق ع د
huruf pertama k1=ق , huruf kedua k2=ع, dan huruf ketiga k3=د
Makna dari kata dasar ق ع د :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna duduk, semayam, tinggal, pekerjaan, sidang, pengeraman, letak, perletakkan, pembelajaran, jabatan, timbangan, tahanan, lumpuh, hal, pas

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menduduki, bersemayam, meninggali, bertengger, mendudukkan, bersidang, mengerami, merahasiakan, terletak, mempelajari, belajar, pas, menegur, mengundurkan, berjabatan, mewakili, merawati, sesuai, memperbicarakan, menimbang-nimbang, tahan, menerima, menerima dgn sabar, melumpuhkan, membuat lumpuh, membuat tdk berdaya, memuntungkan, menyebabkan cacat, menyebabkan cedera

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ق ع د dalam AlQuran 32 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 20 kali, dipakai kata kerja sebanyak 12 kali

Kajian kata وَقُعُودًا ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata وَقُعُودًا termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. jamak tidak teratur : kata وَقُعُودًا ini merupakan bentuk jamak tidak teratur, artinya jamak yang tidak ditandai dengan tanda-tanda jamak seperti ûna ( ونَ ), îna ( ينَ ), âti ( اتِ ) ,âtu ( اتُ ). dalam pemakaian jamak tidak teratur seperti ini mengunakan bentuk perempuan baik untuk kata kerjanya atau kata sifatnya.

3. imbuan : imbuan wa ( وَ ) yang ada pada kata ini dapat berarti dan, beserta, atau dapat pula berarti demi. jika kata wa ( وَ ) ini diapit oleh dua buah kata benda, atau dua buah kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti dan. adapun jika tidak diapit oleh dua buah kata benda,kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti demi.

4. kata benda berakhiran tanwin (n) : kata وَقُعُودًا ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran dengan tanwin ini dapat memiliki akhiran an,in atau un. untuk kata ini akhirannya adalah an. bentuk akhiran (apakah an,in atau un) ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran ini ditujukan untuk menujuk kata benda tunggal sembarang atau yang mana saja.tetapi dapat juga digunakan untuk menerangkan suatu kata benda jamak yang tidak beraturan. hal ini tergantung pada kata yang digunakan

Pemakaian kata dasar ق ع د pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا Ali-Imran 191
فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاَةَ فَاذْكُرُواْ اللّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا An-Nisa 103

 

الَّذِينَ قَالُواْ لإِخْوَانِهِمْ وَقَعَدُواْ لَوْ أَطَاعُونَا مَا قُتِلُوا Ali-Imran 168

 

وَقَعَدَ الَّذِينَ كَذَبُواْ اللّهَ وَرَسُولَهُ At-Taubah 90

 

وَخُذُوهُمْ وَاحْصُرُوهُمْ وَاقْعُدُواْ لَهُمْ كُلَّ مَرْصَدٍ At-Taubah 5

 

وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاء اللَّاتِي لاَ يَرْجُونَ نِكَاحًا An-Nuur 60

 

وَقِيلَ اقْعُدُواْ مَعَ الْقَاعِدِينَ At-Taubah 46

 

فَلاَ تَقْعُدُواْ مَعَهُمْ حَتَّى يَخُوضُواْ فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ An-Nisa 140
وَلاَ تَقْعُدُواْ بِكُلِّ صِرَاطٍ تُوعِدُونَ Al-A'raaf 86

 

وَإِمَّا يُنسِيَنَّكَ الشَّيْطَانُ فَلاَ تَقْعُدْ Al-An'aam 68

 

فَقَاتِلا إِنَّا هَاهُنَا قَاعِدُونَ Al-Maidah 24

 

وَإِذَا مَسَّ الإِنسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنبِهِ أَوْ قَاعِدًا Yunus 12

 

إِذْ هُمْ عَلَيْهَا قُعُودٌ Al-Buruuj 6

 

وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِن دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِن قِطْمِيرٍ Faathir 13

 

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ Qaaf 17

 

وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ Al-Jinn 9

 

تُبَوِّىءُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ Ali-Imran 121
وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ Al-Jinn 9

 

فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِندَ مَلِيكٍ مُّقْتَدِرٍ Al-Qamar 55

 

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ Al-A'raaf 16

 

فَتَقْعُدَ مَذْمُومًا مَّخْذُولاً Al-Isra 22
وَلاَ تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُومًا مَّحْسُورًا Al-Isra 29

 

إِنَّكُمْ رَضِيتُم بِالْقُعُودِ أَوَّلَ مَرَّةٍ فَاقْعُدُواْ مَعَ الْخَالِفِينَ At-Taubah 83

 

فَرِحَ الْمُخَلَّفُون بِمَقْعَدِهِمْ خِلاَفَ رَسُولِ اللّهِ At-Taubah 81

 

إِنَّكُمْ رَضِيتُم بِالْقُعُودِ أَوَّلَ مَرَّةٍ فَاقْعُدُواْ مَعَ الْخَالِفِينَ At-Taubah 83

 

لاَّ يَسْتَوِي الْقَاعِدُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ غَيْرُ أُوْلِي الضَّرَرِ An-Nisa 95

 

الْمُجَاهِدِين بِأَمْوَالِهِم وَأَنفُسِهِمْ عَلَى الْقَاعِدِينَ دَرَجَةً An-Nisa 95
الْمُجَاهِدِين عَلَى الْقَاعِدِينَ أَجْرًا عَظِيمًا An-Nisa 95
وَقِيلَ اقْعُدُواْ مَعَ الْقَاعِدِينَ At-Taubah 46
وَقَالُواْ ذَرْنَا نَكُن مَّعَ الْقَاعِدِينَ At-Taubah 86

 

قَدْ مَكَرَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَأَتَى اللّهُ بُنْيَانَهُم مِّنَ الْقَوَاعِدِ An-Nahl 26

 

الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ Al-Baqarah 127