<<<==ayat berikutnya

Az-Zumar ayat ke 47

ayat sebelumnya ===>>


وَلَوْ أَنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُۥ مَعَهُۥ لَٱفْتَدَوْا۟ بِهِۦ مِن سُوٓءِ ٱلْعَذَابِ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ وَبَدَا لَهُم مِّنَ الـلَّـهِ مَا لَمْ يَكُونُوا۟ يَحْتَسِبُونَ

Kajian kata

وَبَدَا pada surat Az-Zumar ayat ke 47

Bacaan dalam tulisan arab latin wabadâ
Jenis kata kata benda abstrak atau sifat
Arti kata وَبَدَا dan nyata
Jumlah pemakaian kata وَبَدَا dalam AlQuran dipakai sebanyak 4 kali
Kata وَبَدَا tersusun dari kata dasar dengan suku kata ب د و
huruf pertama k1=ب , huruf kedua k2=د, dan huruf ketiga k3=و
Makna dari kata dasar ب د و :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna pembina, penegak, tukang cor, pencipta, kreator, utama, pokok, prinsipil, terpenting, kebuyutan, asli, orisinil, sesuatu yg asli, orang yg aneh pikirannya, awal, permulaan, pangkal, punca, mula

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna membuat, menciptakan, menimbulkan, memperbaharui , memperbaiki, merubah lebih baik, meningkatkan, memperbanyak, melakukan inovasi, mewujudkan, mencipta, menjadikan, menjelmakan, memperbuat, tenggelam, karam, roboh, jatuh, gagal, terperosok

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ب د و dalam AlQuran 28 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 7 kali, dipakai kata kerja sebanyak 21 kali

Kajian kata وَبَدَا ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata وَبَدَا termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. imbuan : imbuan wa ( وَ ) yang ada pada kata ini dapat berarti dan, beserta, atau dapat pula berarti demi. jika kata wa ( وَ ) ini diapit oleh dua buah kata benda, atau dua buah kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti dan. adapun jika tidak diapit oleh dua buah kata benda,kata kerja atau frase maka imbuan wa ( وَ ) ini berarti demi.

3. kata benda abstrak : kata وَبَدَا ini sering kali digunakan untuk menerangkan kata benda abstrak, yaitu kata benda yang tidak berwujud (artinya bendanya ada tetapi tidak dapat dilihat dengan mata atau tidak dapat diraba dengan panca indra manusia) misalnya kata benda yang beralan pe- atau yang berawalan dan akhiran pe - an (pekerjaan dari kata kerja), ke - an (kesenangan dari kata senang) atau bahkan seperti makhluk-makhluk ciptaan allah yang makhluk tersebut tidak dapat disentuh dengan panca indra.

4. kata benda atau menerangkan kata sifat : kata وَبَدَا ini memiliki konsonan k2 panjang yang dapat digunakan sebagai kata benda atau digunakan sebagai kata sifat.

Pemakaian kata dasar ب د و pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

مَّا لاَ يُبْدُونَ لَكَ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا Ali-Imran 154

 

وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ مَا ظَهَرَ مِنْهَا An-Nuur 31
وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلاَ يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلاَّ لِبُعُولَتِهِن An-Nuur 31

 

فَأَسَرَّهَا يُوسُفُ فِي نَفْسِهِ وَلَمْ يُبْدِهَا لَهُمْ Yusuf 77

 

وَبَدَا لَهُم مِّنَ اللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا يَحْتَسِبُونَ Az-Zumar 47
وَبَدَا لَهُمْ سَيِّئَاتُ مَا كَسَبُوا Az-Zumar 48

 

وَالْمَسْجِدِ الْحَرَامِ الَّذِي جَعَلْنَاهُ لِلنَّاسِ سَوَاء الْعَاكِفُ فِيهِ وَالْبَادِ Al-Hajj 25

 

وَهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُونَهُ قَرَاطِيسَ تُبْدُونَهَا وَتُخْفُونَ كَثِيرًا Al-An'aam 91

 

وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ Al-Baqarah 33
وَاللّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ Al-Maidah 99
مَتَاعٌ لَّكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ An-Nuur 29

 

قُلْ إِن تُخْفُواْ مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللّهُ Ali-Imran 29

 

إِن تُبْدُواْ الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ Al-Baqarah 271
وَإِن تُبْدُواْ مَا فِي أَنفُسِكُمْ Al-Baqarah 284
إِن تُبْدُواْ خَيْرًا أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُواْ عَن سُوَءٍ An-Nisa 149
إِن تُبْدُوا شَيْئًا أَوْ تُخْفُوهُ Al-Ahzab 54

 

وَإِن تَسْأَلُواْ عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ الْقُرْآنُ تُبْدَ لَكُمْ Al-Maidah 101
إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ Al-Maidah 101

 

وَاتَّقِ اللَّهَ وَتُخْفِي فِي نَفْسِكَ مَا اللَّهُ مُبْدِيهِ Al-Ahzab 37

 

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِن سَوْءَاتِهِمَا Al-A'raaf 20

 

إِن كَادَتْ لَتُبْدِي بِهِ Al-Qashash 10

 

ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ Al-Hadiid 27

 

فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا Thaahaa 121

 

يَوَدُّوا لَوْ أَنَّهُم بَادُونَ فِي الْأَعْرَابِ Al-Ahzab 20

 

اتَّبَعَكَ إِلاَّ الَّذِينَ هُمْ أَرَاذِلُنَا بَادِيَ الرَّأْيِ Huud 27

 

قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاء مِنْ أَفْوَاهِهِمْ Ali-Imran 118

 

فَدَلاَّهُمَا بِغُرُورٍ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْءَاتُهُمَا Al-A'raaf 22

 

إِذْ أَخْرَجَنِي مِنَ السِّجْنِ وَجَاءَ بِكُم مِّنَ الْبَدْوِ Yusuf 100