<<<==ayat berikutnya

Az-Zumar ayat ke 18

ayat sebelumnya ===>>


ٱلَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ ٱلْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُۥٓ أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ هَدَىٰهُمُ الـلَّـهُ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

Kajian kata

ٱلْأَلْبَٰبِ pada surat Az-Zumar ayat ke 18

Bacaan dalam tulisan arab latin al-albâbi
Jenis kata kata benda atau sifat
Arti kata ٱلْأَلْبَٰبِ akal/fikiran
Jumlah pemakaian kata ٱلْأَلْبَٰبِ dalam AlQuran dipakai sebanyak 15 kali
Kata ٱلْأَلْبَٰبِ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ل ب ب
huruf pertama k1=ل , huruf kedua k2=ب, dan huruf ketiga k3=ب
Makna dari kata dasar ل ب ب :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna pokok, intisari, sari, pati, bagian tengah, biji, mata, jantung, hati, perasaan, jiwa, sanubari, batin, pedalaman, kalbu, hati sanubari, keberanian, kegagahan, hakekat, hart, rasa hati, kulub, fuad, jemantung, sumsum belakang, sungsum belakang, esensi, sumsum, benak, sungsum, bubur, bubur kertas, bubur kayu, ampas, daging buah, majalah murah, majalah picisan, jaminan simpanan, timbunan yg belum dikerjakan

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna mengeluarkan bagian yg keras, membuang ampas, menjadikan bubur

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Makna tafsir dari kata ٱلْأَلْبَٰبِ Makna dari kata ini adalah hati atau jiwa dari manusia. Kemampuan dan kecerdasan dari pemikiran manusia dicahayai dan dimurnikan oleh pemberian petunjuk dan cahaya dari Allah.
Jumlah pemakaian pola dasar ل ب ب dalam AlQuran 16 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 16 kali
Pola dasar ل ب ب dalam AlQuran hanya dipakai untuk bentuk kata benda saja, dalam AlQuran untuk pola dasar ini tidak digunakan sebagai kata kerja

Kajian kata ٱلْأَلْبَٰبِ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata ٱلْأَلْبَٰبِ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. memiliki kata sandang al : kata sandang al ( اَل ). yang melekat pada kata benda ٱلْأَلْبَٰبِ ini memberikan arti bahwa kata benda yang ditunjuk telah jelas, atau paling tidak bahwa kata benda ini pernah dibahas atau diketahui dengan jelas. awalan al ( اَل ) ini dalam bahasa inggris adalah kata sandang the. setiap kata yang menggunakan kata sandang al ( اَل ) tidak pernah memiliki akhiran dengan tanwin.

3. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata ٱلْأَلْبَٰبِ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

4. kata benda atau menerangkan kata sifat : kata ٱلْأَلْبَٰبِ ini memiliki konsonan k2 panjang yang dapat digunakan sebagai kata benda atau digunakan sebagai kata sifat.

5. kata penyandar : kata أُوْلُوا merupakan kata yang menyadarkan kepada kata الْأَلْبَابِ . kemudian perlu ditekankan disini bahwa kata yang penyandar tersebut akan selalu menggunakan kasrah atau dhomah pada konsonan k3 atau menggunakan îna atau una untuk jamak.

Pemakaian kata dasar ل ب ب pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَلِيَعْلَمُوا أَنَّمَا هُوَ إِلَـهٌ وَاحِدٌ وَلِيَذَّكَّرَ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ Ibrahim 52

 

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَاْأُولِيْ الأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ Al-Baqarah 179
وَاتَّقُونِ يَاأُوْلِي الأَلْبَابِ Al-Baqarah 197
وَمَا يَذَّكَّرُ إِلاَّ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ Al-Baqarah 269
وَمَا يَذَّكَّرُ إِلاَّ أُوْلُواْ الألْبَابِ Ali-Imran 7
وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ Ali-Imran 190
فَاتَّقُواْ اللّهَ يَاأُوْلِي الأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ Al-Maidah 100
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُوْلِي الأَلْبَابِ Yusuf 111
كَمَنْ هُوَ أَعْمَى إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ الأَلْبَابِ Arraad 19
كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُو آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّر أُوْلُوا الْأَلْبَابِ Shaad 29
وَذِكْرَى لِأُوْلِي الْأَلْبَابِ Shaad 43
إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ Az-Zumar 9
أُوْلَئِكَ الَّذِينَ هَدَاهُمُ اللَّهُ وَأُوْلَئِكَ هُمْ أُوْلُوا الْأَلْبَابِ Az-Zumar 18
إِنَّ فِي ذَلِكَ لَذِكْرَى لِأُوْلِي الْأَلْبَابِ Az-Zumar 21
أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ عَذَابًا شَدِيدًا فَاتَّقُوا اللَّهَ يَاأُوْلِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ آمَنُوا Ath-Thalaaq 10