<<<==ayat berikutnya

Faathir ayat ke 11

ayat sebelumnya ===>>

وَالـلَّـهُ خَلَقَكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَٰجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِۦ وَمَا يُعَمَّرُ مِن مُّعَمَّرٍ وَلَا يُنقَصُ مِنْ عُمُرِهِۦٓ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى الـلَّـهِ يَسِيرٌ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

عُمُرِهِۦٓ pada surat Faathir ayat ke 11

Bacaan dalam tulisan arab latin 'umurihi
Jenis kata kata benda atau sifat
Arti kata عُمُرِهِۦٓ umurnya
Jumlah pemakaian kata عُمُرِهِۦٓ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata عُمُرِهِۦٓ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ع م ر
huruf pertama k1=ع , huruf kedua k2=م, dan huruf ketiga k3=ر
Makna dari kata dasar ع م ر :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna umur, masa, jaman, abad, ketuaan, tuanya

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menua, bertambah tua, menjadi tua, menuakan, menyimpan lama

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ع م ر dalam AlQuran 30 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 17 kali, dipakai kata kerja sebanyak 13 kali

Kajian kata عُمُرِهِۦٓ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata عُمُرِهِۦٓ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. kata benda tanpa berakhiran tanwin (n) : kata عُمُرِهِۦٓ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran tanpa tanwin, kata benda tanpa akhiran tanwin ini dapat memiliki akhiran a ( َ ), i ( ِ ) atau u ( ُ ). untuk kata benda ini,. untuk kata benda ini, akhiran yang digunakan adalah i (kasrah). bentuk akhiran (apakah berakhiran a,i atau u), hal ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran i (kasrah) disebabkan karena kata sebelumnya menggunakan kata yang menyebebakan kata berikutnya berakhiran kasrah.

3. diikuti kata ganti kepemilikan : kata عُمُرِهِۦٓ ini memiliki kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal. adapun kata gantinya untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ ) , hal ini karena ada kata yang ada didepannya yang menyebabkan kata ganti kepemilikan untuk orang ketiga tunggal ini menggunakan hi ( هِ )

4. majrur : kata عُمُرِهِ yang berupa kata benda ini memiliki konsonan_k3 yang menggunakan kasrah atau menggunakan îna (untuk jamak) hal ini disebabkan karena kata عُمُرِهِ ini diawali dengan kata مِنْ .

Pemakaian kata dasar ع م ر pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ Al-Baqarah 96
وَلاَ تَضَعُ إِلاَّ بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِن مُّعَمَّرٍ Faathir 11

 

وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَن يُعَمَّرَ Al-Baqarah 96

 

قَالَ يَامُوسَى إِنَّ الْمَلَأَ يَأْتَمِرُونَ بِكَ لِيَقْتُلُوكَ Al-Qashash 20

 

مَا كَانَ لِلْمُشْرِكِين أَن يَعْمُرُواْ مَسَاجِدَ الله At-Taubah 17
إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللّهِ مَنْ آمَنَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ At-Taubah 18

 

وَلَبِثْتَ فِينَا مِنْ عُمُرِكَ سِنِينَ Asy-Syu'araa' 18

 

وَلاَ يُنقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلاَّ فِي كِتَابٍ Faathir 11

 

فَقَدْ لَبِثْتُ فِيكُمْ عُمُرًا مِّن قَبْلِهِ أَفَلاَ تَعْقِلُونَ Yunus 16

 

وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ Ali-Imran 33
إِذْ قَالَتِ امْرَأَةُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ Ali-Imran 35
وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا At-Tahriim 12

 

وَأَثَارُوا الأَرْضَ وَعَمَرُوهَا أَكْثَرَ مِمَّا عَمَرُوهَا وَجَاءتْهُمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَات Ar-Ruum 9

 

فَإِنْ أَرْضَعْنَ لَكُمْ فَآتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ وَأْتَمِرُوا بَيْنَكُم بِمَعْرُوفٍ Ath-Thalaaq 6

 

أَجَعَلْتُمْ سِقَايَةَ الْحَاجِّ وَعِمَارَةَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ At-Taubah 19

 

وَأَثَارُوا الأَرْضَ وَعَمَرُوهَا أَكْثَرَ مِمَّا عَمَرُوهَا وَجَاءتْهُمْ رُسُلُهُم بِالْبَيِّنَات Ar-Ruum 9

 

هُوَ أَنشَأَكُم مِّنَ الأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُم فِيهَا Huud 61

 

وَأَتِمُّواْ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّهِ Al-Baqarah 196

 

يُرِيدُ أَن يُخْرِجَكُم مِّنْ أَرْضِكُم بِسِحْرِهِ فَمَاذَا تَأْمُرُونَ Asy-Syu'araa' 35

 

لَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ Faathir 37

 

وَمَنْ نُعَمِّرْهُ نُنَكِّسْهُ فِي الْخَلْقِ أَفَلاَ يَعْقِلُونَ YaaSiin 68

 

وَلاَ تَضَعُ إِلاَّ بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِن مُّعَمَّرٍ Faathir 11

 

لَعَمْرُكَ إِنَّهُمْ لَفِي سَكْرَتِهِمْ يَعْمَهُونَ Al-Hijr 72

 

فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ Al-Baqarah 158

 

فَإِذَا أَمِنتُمْ فَمَن تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ Al-Baqarah 196

 

بَلْ مَتَّعْنَا هَـؤُلاَء وَآبَاءهُمْ حَتَّى طَالَ عَلَيْهِمُ الْعُمُرُ Al-Anbiyaa' 44
وَلَكِنَّا أَنشَأْنَا قُرُونًا فَتَطَاوَلَ عَلَيْهِمُ الْعُمُرُ Al-Qashash 45

 

وَاللّهُ خَلَقَكُمْ ثُمَّ يَتَوَفَّاكُمْ وَمِنكُم مَّن يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ An-Nahl 70
وَمِنكُم مَّن يُتَوَفَّى وَمِنكُم مَّن يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ Al-Hajj 5

 

وَالْبَيْتِ الْمَعْمُورِ Ath-Thuur 4