<<<==ayat berikutnya

An-Naml ayat ke 22

ayat sebelumnya ===>>

فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِۦ وَجِئْتُكَ مِن سَبَإٍۭ بِنَبَإٍ يَقِينٍ

Abdurrahman Sudais
Abdul Basit
Mishary Rashid
Mahir al-Mu'aiqly


Kajian kata

يَقِينٍ pada surat An-Naml ayat ke 22

Bacaan dalam tulisan arab latin yaqînin
Arti kata يَقِينٍ yakin/benar
Jumlah pemakaian kata يَقِينٍ dalam AlQuran dipakai sebanyak 1 kali
Kata يَقِينٍ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ي ق ي ن
huruf pertama k1=ي , huruf kedua k2=ق huruf ketiga k3=ي huruf ketiga k3=ن
Makna dari kata dasar ي ق ي ن :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna kepastian, ketentuan, jaminan, tanggungan, penanggung, perasaan pasti

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna meyakini, menjamin. menanggung, memastikan.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ي ق ي ن dalam AlQuran 29 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 14 kali, dipakai kata kerja sebanyak 14 kali

Kajian kata يَقِينٍ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata يَقِينٍ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. gender laki-laki : kata يَقِينٍ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

3. kata yang memiliki makna sangat : kata يَقِينٍ ini memiliki makna sangat atau maha dicirikan dengan adanya huruf kasrah panjang atau huruf dhomah panjang yang ada pada konsonan ke 2 (k2). kata ini jika diawali dengan kata sandang al ( اَل ) sering (dalam artian tidak selalu) digunakan untuk menerangkan sifat tuhan pencipta, pemelihara dan raja seluruh alam semesta. adapun jika tidak diawali dengan kata sandang al ( اَل ) maka hanya digunakan untuk menerangkan sifat dari yang ada di alam saja.

4. kata benda berakhiran tanwin (n) : kata يَقِينٍ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran dengan tanwin ini dapat memiliki akhiran an,in atau un. untuk kata ini akhirannya adalah in. bentuk akhiran (apakah an,in atau un) ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran ini ditujukan untuk menujuk kata benda tunggal sembarang atau yang mana saja.tetapi dapat juga digunakan untuk menerangkan suatu kata benda jamak yang tidak beraturan. hal ini tergantung pada kata yang digunakan

5. keterangan atau kondisi : kata يَقِينٍ ini merupakan merupakan keterangan atau kondisinya dari kata بِنَبَإٍ . misalnya buku yang yang biru. kata biru merupakan keterangan atau kondisinya sedangkan buku merupakan objek yang diterangkan. oleh karena itu ditinjau dari tata bahasa kata يَقِينٍ ini posisinya miriip dengan kata biru untuk menerangkan kata بِنَبَإٍ .

Pemakaian kata dasar ي ق ي ن pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ Al-Baqarah 4
قَدْ بَيَّنَّا الآيَاتِ لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ Al-Baqarah 118
وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللّهِ حُكْمًا لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ Al-Maidah 50
وَهُم بِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ An-Naml 3
تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لاَ يُوقِنُونَ An-Naml 82
وَلاَ يَسْتَخِفَّنَّ الَّذِينَ لاَ يُوقِنُونَ Ar-Ruum 60
وَهُم بِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ Luqman 4
لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ As-Sajdah 24
وَفِي خَلْقِكُمْ وَمَا يَبُثُّ مِن دَابَّةٍ آيَاتٌ لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ Al-Jaatsiyah 4
هَذَا بَصَائِرُ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّقَوْمِ يُوقِنُونَ Al-Jaatsiyah 20
أَمْ خَلَقُوا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بَل لَّا يُوقِنُونَ Ath-Thuur 36

 

بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلاَّ اتِّبَاعَ الظَّنِّ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا An-Nisa 157

 

وَجِئْتُكَ مِن سَبَإٍ بِنَبَإٍ يَقِينٍ An-Naml 22

 

وَجَحَدُوا بِهَا وَاسْتَيْقَنَت أَنفُسُهُمْ ظُلْمًا وَعُلُوًّا An-Naml 14

 

يُدَبِّرُ الأَمْرَ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لَعَلَّكُم بِلِقَاء رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ Arraad 2

 

رَبَّنَا أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَارْجِعْنَا نَعْمَلْ صَالِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ As-Sajdah 12

 

قَالَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا إن كُنتُم مُّوقِنِينَ Asy-Syu'araa' 24
رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا إِن كُنتُم مُّوقِنِينَ Ad-Dukhaan 7

 

لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا Al-Muddaththir 31

 

وَفِي الأَرْضِ آيَاتٌ لِّلْمُوقِنِين Adz-Dzaariyaat 20

 

قُلْ هُوَ الَّذِي ذَرَأَكُمْ فِي الأَرْضِ وَإِلَيْهِ تُحْشَرُونَ Al-Mulk 24

 

إِن نَّظُنُّ إِلاَّ ظَنًّا وَمَا نَحْنُ بِمُسْتَيْقِنِ Al-Jaatsiyah 32

 

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ Al-Hijr 99
حَتَّى أَتَانَا الْيَقِينُ Al-Muddaththir 47

 

إِنَّ هَذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِينِ Al-Waqii'a 95
وَإِنَّهُ لَحَقُّ الْيَقِينِ Al-Haaqqah 51
كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ At-Takaathur 5
ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ At-Takaathur 7

 

وَكَذَلِكَ نُرِي إِبْرَاهِيمَ مَلَكُوتَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَلِيَكُونَ مِنَ الْمُوقِنِينَ Al-An'aam 75