<<<==ayat berikutnya

Asy-Syu'araa' ayat ke 5

ayat sebelumnya ===>>


وَمَا يَأْتِيهِم مِّن ذِكْرٍ مِّنَ ٱلرَّحْمَٰنِ مُحْدَثٍ إِلَّا كَانُوا۟ عَنْهُ مُعْرِضِينَ

Kajian kata

مُحْدَثٍ pada surat Asy-Syu'araa' ayat ke 5

Bacaan dalam tulisan arab latin muchdatsin
Jenis kata kata benda pelaku pasif
Arti kata مُحْدَثٍ yang dalam kondisi cepat diperbarui
Jumlah pemakaian kata مُحْدَثٍ dalam AlQuran dipakai sebanyak 2 kali
Kata مُحْدَثٍ tersusun dari kata dasar dengan suku kata ح د ث
huruf pertama k1=ح , huruf kedua k2=د, dan huruf ketiga k3=ث
Makna dari kata dasar ح د ث :Kata dasar ini sebagai kata benda berkaitan dengan makna muda, agak muda, pengemis, pemuda, anak, kecil, belia, masih baru, bungsu, belum berpengalaman, yg baru dimulai, pekerjaan, kerja, usaha, karya, hasil kerja, kerjaan, amal, tindak, faal, reka, kere, orang jembel, aliran, pergi, berjalan, hilang, berangkat, naik, menaiki, jalan, berlalu, menjadi, sampai, bangkrut, meninggal, meninggal dunia, berbunyi, hancur, terbentang, pai, menjadi aus, arus, curahan, tumpahan, rawa, iring-iringan, perjalanan, kesempatan, kesepakatan, kegiatan, orang minta-minta, kenaikan, penambahan, naiknya, ketinggian, tanjakan, penaikan, bukit kecil, peninggian, berkembangnya, reaksi, alasan, kejadian, tempat, kedudukan, lulus, meluluskan, lalu, melewati, lewat, menyampaikan, memberikan, berakhir, melalui, melintas, mengabaikan, pas, disahkan, diterima, menyuguhkan, bertukar, berubah, melampau, mengulurkan, menang, menikmati, tdk mempedulikan, dipandang sbg, jabatan, tempat tinggal, lokal, wewenang, bagian, urusan, tingkat, anak laki-laki, bencana, malapetaka, mala, celaka besar, kemalangan, petaka, kiamat, mara, ketewasan, gejala, fenomen, perwujudan, episode, kisah, insiden, biasa, khas, pengalaman, remaja, pertandingan, anak muda, perlombaan, partai.

Kata dasar ini sebagai kata kerja berkaitan dengan makna menempatkan, pergi, berjalan, hilang, berangkat, naik, menaiki, jalan, berlalu, menjadi, sampai, bangkrut, meninggal, meninggal dunia, berbunyi, hancur, terbentang, pai, menjadi aus, terjadi, berlangsung, menjadi termasyhur, menjadi terkemuka, mampir, mendapatkan, mendapati, mendapat, terlepas, cepol, gugur, jatuh, bekerja, mengerjakan, menjalankan, mengusahakan, menyelesaikan, mengolah, jadi, menyebabkan, meramas-ramas, lewat, lalu, memiskinkan, melebihi, mengalir, berhamburan, membesut, melinang, melambai, membanjir, bangun, bertambah, bangkit, terbit, berdiri, membubung, muncul, timbul, mengatasi, menjulang, membubul, memberontak, mulai, membangun, mekar, meragikan, empoh, mengatas, mendatangkan, datang, tiba, mendatang, menimpa, terdapat, berlaku, terpikir, berada, lulus, bertempat, meluluskan, melewati, menyampaikan, memberikan, berakhir, melalui, melintas, mengabaikan, pas, disahkan, diterima, menyuguhkan, bertukar, berubah, melampau, mengulurkan, menang, menikmati, tdk mempedulikan, dipandang sbg, teringat, cogok, tumbuh, kebetulan mendapat, menemukan, meletakkan, menaruh, memasukkan, taruh, menduduki, menaruhkan, menampung, menyerahkan, mengenakan, kenal.

(Kami mohon maaf jika ada keterkaitan makna yang tidak tepat. Keterkaitan makna ini diambil begitu saja dari makna kata dasar diambil dari google. Keterkaitan makna dari kata dasar ini
belum dilakukan koreksi dan perbaikan untuk makna yang tepat untuk dipakai memahami makna secara langsung dari AlQuran. Terkadang keterkaitan makna ini bisa jadi lawan katanya, walau jarang tentunya).
Pesan kami bahwa AlQuran pasti benar, sedang keterkaitan makna ini tentu bisa jadi ada penyimpangan atau ketidak sesuaian makna.
Jumlah pemakaian pola dasar ح د ث dalam AlQuran 36 kali, yang terdiri dari dipakai kata benda sebanyak 30 kali, dipakai kata kerja sebanyak 6 kali

Kajian kata مُحْدَثٍ ditinjau dari aspek tatabahasa :

1. kata benda : kata مُحْدَثٍ termasuk dalam jenis kata benda.

adapun yang dimaksud dengan kata benda meliputi kata yang menerangkan tempat, barang, nama, waktu, kondisi serta kata yang menerangkan sifat seperti kesenangan. kata benda ini bentuk dan formatnya tidak dipengaruhi oleh waktu, baik waktu yang lalu, waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

2. gender laki-laki : kata مُحْدَثٍ ini digolongkan dalam kata untuk jenis kelamin laki

3. kata dengan jumlah tunggal : untuk kata مُحْدَثٍ ini digolongkan dalam bentuk kata tunggal yang memiliki jenis laki-laki.

4. kata benda berakhiran tanwin (n) : kata مُحْدَثٍ ini merupakan jenis kata benda yang berakhiran dengan tanwin ini dapat memiliki akhiran an,in atau un. untuk kata ini akhirannya adalah in. bentuk akhiran (apakah an,in atau un) ini tergantung pada kata sebelumnya. akhiran ini ditujukan untuk menujuk kata benda tunggal sembarang atau yang mana saja.tetapi dapat juga digunakan untuk menerangkan suatu kata benda jamak yang tidak beraturan. hal ini tergantung pada kata yang digunakan

5. kata benda pelaku pasif : kata مُحْدَثٍ ini merupakan jenis kata benda pelaku pasif yang merupakan kata benda yang diberi beban atau kata benda yang dikenai pekerjaan atau aktivitas atau kata benda yang mendapat sasaran atau pelaku yang sudah dijamin kepastian tidak-tanduknya

Pemakaian kata dasar ح د ث pada AlQuran

 


Kata semacam dalam Al-Quran berikut ayat-ayatnya

 

لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ أَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْرًا Thaahaa 113
لاَ تَدْرِي لَعَلَّ اللَّهَ يُحْدِثُ بَعْدَ ذَلِكَ أَمْرًا Ath-Thalaaq 1

 

حَتَّى أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا Al-Kahfi 70

 

يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا Az-Zalzalah 4

 

مَا يَأْتِيهِم مِّن ذِكْرٍ مَّن رَّبِّهِم مُّحْدَثٍ Al-Anbiyaa' 2
وَمَا يَأْتِيهِم مِّن ذِكْرٍ مِّنَ الرَّحْمَنِ مُحْدَثٍ Asy-Syu'araa' 5

 

وَلاَ مُسْتَأْنِسِين لِحَدِيثٍ إِنَّ ذَلِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيَّ Al-Ahzab 53

 

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ Ad-Duha 11

 

لَوْ تُسَوَّى بِهِمُ الأَرْضُ وَلاَ يَكْتُمُونَ اللّهَ حَدِيثًا An-Nisa 42
فَمَالِلِ هَـؤُلاَء الْقَوْمِ لاَ يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا An-Nisa 78
وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللّهِ حَدِيثًا An-Nisa 87

 

وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ مُوسَى Thaahaa 9
هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ ضَيْفِ إِبْرَاهِيمَ الْمُكْرَمِينَ Adz-Dzaariyaat 24
هَلْ أتَاكَ حَدِيثُ مُوسَى An-Naziaat 15
هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْجُنُودِ Al-Buruuj 17
هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ Al-Ghaashiyah 1

 

فَلاَ تَقْعُدُواْ مَعَهُمْ حَتَّى يَخُوضُواْ فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ An-Nisa 140
فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ حَتَّى يَخُوضُواْ فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ Al-An'aam 68
فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ Al-A'raaf 185
فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَ اللَّهِ وَآيَاتِهِ يُؤْمِنُونَ Al-Jaatsiyah 6
فَبِأَيِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ Al-Mursalaat 50

 

مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَى وَلَـكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ Yusuf 111
وَإِذْ أَسَرَّ النَّبِيُّ إِلَى بَعْضِ أَزْوَاجِهِ حَدِيثًا At-Tahriim 3

 

فَلْيَأْتُوا بِحَدِيثٍ مِّثْلِهِ إِن كَانُوا صَادِقِينَ Ath-Thuur 34

 

قَالُواْ أَتُحَدِّثُونَهُم Al-Baqarah 76

 

إِن لَّمْ يُؤْمِنُوا بِهَذَا الْحَدِيثِ أَسَفًا Al-Kahfi 6
وَمِنَ النَّاسِ مَن يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ Luqman 6
اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ Az-Zumar 23
أَفَمِنْ هَذَا الْحَدِيثِ تَعْجَبُونَ An-Najm 59
أَفَبِهَذَا الْحَدِيثِ أَنتُم مُّدْهِنُونَ Al-Waqii'a 81
فَذَرْنِي وَمَن يُكَذِّبُ بِهَذَا الْحَدِيثِ Al-Qalam 44

 

وَكَذَلِكَ يَجْتَبِيكَ رَبُّكَ وَيُعَلِّمُكَ مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ Yusuf 6
وَلِنُعَلِّمَه مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ وَاللّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ Yusuf 21
وَعَلَّمْتَنِي مِن تَأْوِيلِ الأَحَادِيثِ Yusuf 101

 

وَجَعَلْنَاهُم أَحَادِيثَ فَبُعْدًا لِّقَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ Al-Mu'minuun 44
فَجَعَلْنَاهُم أَحَادِيثَ وَمَزَّقْنَاهُ كُلَّ مُمَزَّقٍ Saba' 19